DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Jantung Sehat bagi Perempuan Segala Usia

Kamis, 27 Oktober 2011
Tips Jantung Sehat bagi Perempuan Segala Usia


JIKA berpikir bahaya serangan jantung merupakan risiko hanya untuk kaum pria, Anda salah. Nyatanya setiap tahun, semakin banyak jumlah perempuan yang meninggal akibat serangan jantung setiap tahunnya.

Beberapa gejala utama yang terkait dengan penyakit jantung pada perempuan yakni rasa tekanan dada atau ketidaknyamanan, mual atau muntah, berkeringat, pusing, dan kelelahan ekstrem. Berikut tips menjaga kesehatan jantung untuk perempuan pada setiap kelompok usia yang berbeda.

a. Usia 20-an
Jika sudah mengambil tindakan pencegahan yang memadai, Anda pasti dapat mengontrol faktor risiko yang terkait dengan penyakit ini. Hal itu dapat dilakukan dengan menyadari adanya faktor risiko seperti mengecek riwayat kesehatan keluarga, mengontrol berat badan, serta memeriksa tekanan darah dan kadar kolesterol darah secara berkala. Juga, perhatikan apa yang Anda makan bahkan meskipun memang sulit dilakukan saat kehidupan sosial tengah aktif. Biasakan makan makanan sehat untuk jantung seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran dan daging.

b. Usia 30-an
Dengan meningkatnya tanggung jawab di usia ini, baik dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan, sangat penting untuk lebih memperhatikan kebutuhan tubuh Anda. Hindari faktor pemicu apa pun seperti merokok atau konsumsi alkohol yang berlebihan. Penuhi gizi dengan memperbanyak makanan rendah lemak jenuh dan trans serta kaya serat biji-bijian. Perbanyak pula daging, buah-buahan, sayuran, dan ikan.

c. Usia 40-an
Ini merupakan waktu tepat untuk lebih memperhatikan tubuh Anda daripada sebelumnya. Secara teratur, jaga berat badan dan mulai program makan makanan seimbang bagi jantung dan tak lupa sesi olahraga. Pada usia 40 tahunan, sangat penting untuk tidak hanya menghitung kalori, tetapi juga untuk memeriksa bagaimana Anda menghabiskan kalori. Penuhi setidaknya 4,5 cangkir buah-buahan dan sayuran per hari, biji-bijian, dan minyak ikan yang kaya asam lemak omega 3.

d. Usia 50-an
Dengan berubahnya penampilan fisik, kita harus belajar untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan meminimalkan faktor risiko sebanyak mungkin. Jadilah aktif dan menikmati program kebugaran di luar ruangan sebanyak mungkin. Bahkan jika Anda telah mengabaikan kesehatan Anda bertahun-tahun ini, ingatlah bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Lakukan cek kesehatan bulanan dan konsultasikan dengan dokter Anda bila ada masalah apa pun. Pilih makanan yang rendah sodium untuk membantu mengontrol tekanan darah.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...