DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Sabtu, 29 Oktober 2011

Berkat "Ngeblog" Bisa Jadi Penulis, Entrepreneur, Traveler, dan Model

Sabtu, 29 Oktober 2011

Hari kemaren Tanggal 27 Oktober Indonesia merayakan Hari Blogger Nasional untuk keempat kalinya. Dalam dunia maya, melalui jejaring sosial Twitter, para blogger diminta menuliskan testimoni mereka seputar manfaat menulis blog dalam hidup mereka dengan hastag #BerkatNgeblog. Inisiatif ini dilakukan oleh Aulia Halimatussadiah (Ollie), Ketua OnOffID (dulu bernama Pesta Blogger), sebagai bagian dari kompetisi menulis cerita tentang pengalaman ngeblog.

Selain melalui Twitter, Ollie juga menuliskan manfaat menulis blog dalam blognya. Posting blog tersebut menceritakan bagaimana pengalaman menulis blog telah membawa Ollie kepada kesuksesan, yakni bisa menjadi penulis, entrepreneur, traveler, dan model.

Berawal dengan sering membaca jurnal kehidupan sehari-hari orang lain, Ollie pun tertarik membuat jurnal kehidupan sehari-hari miliknya. Dahulu, Ollie sering membaca blog milik sahabatnya, Nuniek (yang kemudian hari itu juga menjadi partnernya dalam membangun komunitas #startuplokal). Berkat ngeblog membuat Ollie memiliki rekan bisnis dan rekan berkarya.

Lalu, Ollie terus menulis blog dan belajar dari website blog penulis buku Jomblo, Adhitya Mulya. Ollie kemudian mendapat beasiswa menulis dari PSTC. Dari program menulis tersebut, pada 2005 ia menerbitkan buku pertamanya. Saat ini, buku karyanya yang telah diterbitkan berjumlah 20 judul buku.

Setelah menjadi penulis dan mengetahui seluk-beluk dunia penerbitan, Ollie kemudian mendirikan kutukutubuku.com pada 2006 yang membuatnya yakin untuk mengundurkan diri dari tempatnya bekerja dan mulai fokus berbisnis. Ia juga mendirikan game studio TempaLabs dan online publishing on demand Nulisbuku.com tahun 2010.

Hobinya menulis pengalaman setiap kali traveling di blog membuat Ollie mendapat tawaran dari majalah Femina untuk menulis tentang kota Dublin dan majalah Prodo pun menawarinya untuk menulis tentang Pulau Belitung. Kemudian, atas undangan Accor Hotel, ia dan Trinity (The Naked Traveler) mengunjuni Singapura, lalu dengan AirAsia ke Vietnam, bersama IndoTamasya ke Beijing, dan ke Pulau Komodo bersama Dinas Pariwisata. Berkat ngeblog, Ollie menjadi travel writer profesional.

Berkat ngeblog, Ollie juga bisa memiliki banyak gadget. Kebiasaannya melakukan review gadget di blognya, berdasarkan pengalaman sehari-hari, bukan berdasarkan spesifikasi saja, membuatnya menjadi penulis review gadget-gadget terbaru.

Berkat ngeblog, Ollie juga diundang ke acara ASEAN Blogger Conference di Kuala Lumpur. Karena sering menulis tentang fashion di blog, Ollie juga ditawari menjadi model Levi's CurveID dan mengikuti sesi pemotretan di Fimela.com.

Selain Ollie, kisah nyata lain yang paling fenomenal di Indonesia adalah berkat ngeblog yang dirasakan oleh Raditya Dika. Blog yang berisi cerita keseharian Raditya Dika selama kuliah di Australia diterbitkan dalam bentuk buku dan diadaptasi menjadi cerita film.

Tak salah jika OnOffID (nama baru pesta Blogger) kini fokus mempertemukan kalangan pebisnis dengan blogger. OnOffID akan menjembatani para pebisnis dengan blogger agar karya mereka bisa diapresiasi seperti yang telah dirasakan Ollie dan Raditya Dika. Sudah saatnya para blogger Indonesia memanfaatkan blog untuk hal-hal yang bermanfaat baik secara sosial maupun finansial.


0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...