DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Sabtu, 29 Oktober 2011

FOTO: Penyerangan dan Kematian Khadafy

Sabtu, 29 Oktober 2011
 
Di lubang drainase di Sirte inilah Mommar Khadafy, Kamis (20/10/2011) sempat berlindung setelah kendaraanya dihajar jet tempur NATO. Selamat dari serangan NATO, Khadafy tidak lolos dari para pasukan oposisi yang dulu disebut sebagai "tikus-tikus". Ia tertangkap saluran drainase yang penuh sampah dan pasir itu. Grafiti berbahasa Arab dalam warna biru kini menghiasi tembok saluran itu. Bunyinya, "Ini adalah tempat Khadafy, si tikus. Allah Maha Besar." 

MOAMMAR Khadafy beberapa bulan lalu dengan marah pernah menyebut para pemberontak Libya sebagai "tikus-tikus". Ia bertekad akan membasmi "tikus-tikus pengkianat" itu.

Ironinya, pemimpin Libya yang terjungkal itu justru tertangkap di lubang tikus. Ia terpojok di lubang drainase yang penuh sampah dan pasir di Sirte, kota kelahirannya, dan diseret dari sana, Kamis (20/10/2011). Akhir kekuasaan empat dekadenya serta hidupnya tragis.

Bagaimana Khadafy bisa berada di lubang drainase itu? Jet-jet tempur Perancis dan pesawat tanpa awak AS, Predator, pada Kamis pagi menembakkan rudal Hellfire terhadap sebuah konvoi besar kendaraan roda empat yang melarikan diri dari Sirte. Serangan itu membuat konvoi Khadafy kocar-kacir. Kendaraan yang ditumpanginya rusak, tetapi tidak hancur. Khadafy dan pengawalnya lalu meninggalkan kendaraan itu dan berlindung di saluran drainase.

Sial bagi Khadafy! Lolos dari serangan udara NATO, tetapi ia harus berhadapan dengan serombongan petempur yang dulu disebutnya "tikus-tikus" itu. Pasukan para "tikus" itu menarik dia dari lubang. Ia sempat memohon agar tidak ditembak. "Jangan bunuh saya, anak-anakku." Namun, jeritan permohonannya tak dihiraukan. Ia terjerembab dan diseret untuk dimasukkan ke dalam bagasi terbuka sebuah truk. Selang sejam kemudian, Khadafy sudah tidak bernyawa lagi.

Sejumlah warga menumpahkan kebencian yang dipendam selama beberapa dasawarsa kepada diktator itu dengan menjambak rambutnya yang eksentrik dan mengarak jenazahnya yang berlumuran darah dengan sebuah truk. Beberapa stasiun televisi menayangkan gambar kerumunan yang menyeret Khadafy yang berlumuran darah di wajah dan pakaiannya.

Tayangan berikutnya menunjukkan, sejumlah pejuang menggulingkan tubuh Khadafy yang sudah tak bernyawa di pinggir jalan. Pakaian yang dikenakannya dilucuti dan tumpahan darah membanjiri bagian kepalanya. Jenazah Khadafy kemudian diarak keliling Misrata dengan sebuah mobil.

Khadafy tewas dua bulan setelah tumbang dari kekuasaannya dan berada dalam persembunyian.

 
 Rekaman video yang menunjukkan Khadafy diseret ke sebuah truk para pejuang oposisi beberapa menit setelah ia ditangkap. Saat itu, ia masih hidup meski sudah berlumuran darah. Ia sempat memohon agar tidak ditembak. "Jangan bunuh saya, anak-anakku," jeritnya. Namun jeritan itu tak dihiraukan.

 
Sebuah mobil ambulans yang berisi pasukan oposisi membawa mayat Moammar Khadafy. Masih menjadi misteri siapa yang telah menembak Khadafy. Aada laporan bahwa penembaknya seorang remaja 18 tahun dari pihak oposisi tetapi ada juga yang menyebutkan, Khadafy ditembak pengawalnya sendiri agar tidak ditangkap dalam keadaan hidup. 

 
 Rongsokan kendaraan para pendukung Moammar Khadafy yang dihacurkan serangan udara NATO saat mereka berkonvoi ketika melarikan diri dari Sirte, Kamis (20/10/2011). Serangan udara NATO dan pasukan darat oposisi berhasil merebut Sirte, basis terakhir sekaligus tempat kelahiran Khadafy. 



  


0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...