DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Sabtu, 29 Oktober 2011

Pena "Ajaib" Advan bak Sekretaris Pribadi

Sabtu, 29 Oktober 2011

Saat melakukan rapat, seringkali dokumen hasil corat-coret merepotkan. Catatan pembicaraan, bagan, atau skema yang dibahas terpaksa harus disimpan terus meski berisiko hilang. Kalau harus dipindah lagi dalam bentuk digital ke komputer membutuhkan waktu.

Nah, sekarang tidak perlu repot lagi karena sudah ada pena digital yang akan secara otomatis menyimpan hasil corat-coret, gambar, atau tulisan tangan di kertas ke dalam file digital. Ibarat seorang sekretaris pribadi, pena digital tersebut membantu pemiliknya mendokumentasikan semua coretan tangan.

Salah satu pena digital yang beredar di Tanah Air adalah i-Note dari Advan. Apa itu i-Note? i-Note merupakan pena digital produksi Advan yang bisa berfungsi untuk menulis di kertas dan layar monitor sekaligus. Produk ini terdiri dari pena yang dilengkapi baterai dan chip di dalamnya dan unit dasar peng-klip kertas dan bisa terhubung dengan PC atau smartphone lewat kabel.

Pada dasarnya, produk ini bekerja dengan koneksi Bluetooth. Ketika pena digerakkan, chip dan sensor yang ada pada unit dasar akan bekerja sehingga hasil tulisan di atas kertas bisa disalin di layar monitor untuk selanjutnya bisa disimpan dan diubah dalam format JPEG.

Cara pemakaian pena ini cukup sederhana. Pertama, unit dasar perlu dicharge selam 3 jam untuk bekerja maksimal sementara pada pena dimasukkan 2 baterai SR41, baterai bulat seperti untuk jam tangan. Software Note Manager perlu diinstal di PC.

Setelah 3 hal di atas selesai, pena siap digunakan. Pertama, buka aplikasi Note Manager yang sudah disertakan di PC dan sematkan kertas pada unit dasar. Pastikan halaman penulisan di layar monitor telah terbuka. Selanjutnya, pengguna bisa langsung menulis di kertas dan secara real time akan tersalin di layar monitor.

Sekedar tips dalam menulis, pastikan posisi tangan tak menghalangi sensor unit dasar. Ketika menggenggam pena, sebaiknya tangan diletakkan di belakang dan memirinkan pena antara 45-90 derajat. Pastikan pula gambar pena sudah muncul di layar unit dasar.

Ketika selesai satu halaman, tekan tombol power pada unit dasar untuk memulai halaman baru. Jika hendak menghapus catatan yang tersalin di layar monitor, cukup pilih menu "clear notes". Setelah catatan selesai, simpan dan ubah dalam format JPEG dan surat atau catatan pun siap dikirim online.

Dengan i-Note, catatan atau surat elektronik yang dikirim bisa lebih personal sebab menunjukkan tulisan tangan sang pengguna. i-Note juga bisa dipakai untuk membubuhkan tanda tangan dalam surat. Pastinya, ini akan menunjukkan bahwa penggunanya lebih melek teknologi.

Jika diubah ke "mouse mode", i-Note juga bisa berfungsi sebagai mouse. Cukup digerakkan untuk menuju lokasi layar tertentu dan ditekan untuk memilih menu. Meski demikian, menu "mouse mode" cukup merepotkan bagi yang belum terbiasa.

Jika membeli i-Note, pengguna juga akan mendapatkan CD berisi software Photo Sktecher. Dengan software ini, pengguna bisa menambahkan sketsa atau keterangan pada gambar yang sudah disimpan di PC. Pena bahkan juga bisa dipakai untuk menggambar sebab dilengkapi dengan menu warna.

i-Note bisa dipakai untuk PC berbasis Windows dan Mac. Tak cuma itu, pena digital ini juga bisa digunakan untuk mobile device macam Blackberry. Cukup download aplikasi di Blackberry Apps, maka i-Note siap dipakai. Selain untuk Blackberry, bisa juga dipakai untuk device berbasis Android. Aplikasinya bisa diunduh cuma-cuma di BlackBerry App World atau Android Market.

Selain untuk mendikumentasikan tulisan tangan, i-Note juga membantu pengguna berkomunikasi lebih personal. Misalnya, saat akan mengirim tulisan lewat email. Kini dengan i-Note, surat elektronik yang lebih personal bisa dibuat karena bentuk tulisan sendiri.

i-Note sangat inovatif meski menyimpan beberapa kekurangan. Misalnya, kadang proses penyalinan dari kertas ke monitor agak lama dan tak sempurna. Tak jarang, huruf yang ditulis jadi tak lengkap. Kedua, sensor hanya bisa menangkap dari jarak yang dekat, tak bisa di seluruh area kertas. Namun begitu, produk ini tetap layak dicoba.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...