DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Kamis, 16 Februari 2012

Hebat Betul Perempuan Indonesia Ini, Lolos Jadi Sherif di Amerika Serikat

Kamis, 16 Februari 2012
TUBUHNYA tidak tinggi untuk ukuran rata-rata orang yang hidup di Benua Amerika. Namun ia membuktikan dengan mimpi dan kerja keras tidak ada yang tidak mungkin untuk diwujudkan. Sebelas kali ditolak menjadi anggota sheriff di negara bagian Florida, tidak menyurutkan niatnya untuk terus mencoba. Alhasil saat tes yang ke-12 ia diterima.

Maria Ester Indrasari (36), wanita kelahiran Bandung ini, kini bertugas di unit lakalantas di Lake Worth, Florida.

Cita-cita menjadi detektif itu lahir ketika masa kuliah di jurusan Desain Interior Institut Teknologi Nasional. Sahabat seangkatannya mengatakan bahwa Maria sudah mengutarakan cita-citanya itu kepada teman-temannya. "Dia senang sekali menonton film-film bertema detektif dan penyelidikan," ujar Iyus Kusnaedi, rekan seangkatan Maria.

Iyus mengatakan, bahwa Maria termasuk orang yang memiliki tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Hal itu dibuktikan dengan hasil karya-karyanya di kampus jika menerima tugas. Dalam hal menyelesaikan tugas, ia juga tidak gengsi untuk turun ke tempat-tempat penuh sampah untuk mengumpulkan bahan yang dibutuhkan.

"Kita pernah ke kawasan Suniaraja untuk mengumpulkan bahan material tugas, ia tidak kaku untuk berkotor-kotor demi menyelesaikan tugas. Ia mempunyai daya juang hidup yang kuat," ujarnya.

Tiga tahun bersama, kata Iyus, ia menilai bahwa Maria merupakan tipikal orang desain yang rame bisa membaur dengan orang lain tidak membedakan suku yang berbeda, dan tidak pernah rasis. Kebiasaan yang ia lakukan adalah keliling dan tidak senang nongkrong seperti mahasiswa kebanyakan.

Awal mula Maria punya jalan untuk menjadi seorang polisi Amerika terjadi pada tahun ketiga masa kuliahnya. Tahun ketiga, 1998, Marie, panggilan akrabnya, pindah ke Greensboro North Carolina Amerika Serikat karena menikah dengan Dan Llyod, seorang pakar IT yang bekerja di perusahaan garmen terkenal Amerika. Konon keduanya bertemu di hutan. Lloyd sebagai aktivis Greenpeace dan Maria di World Wild Foundation (WWF).

Dosen Itenas, Jamaludin, mengatakan bahwa ia pernah diminta bantuan oleh Maria. Pasalnya Maria ingin melanjutkan kuliah desain interiornya di Amerika. "Saya mengatakan kepada dia untuk mengumpulkan semua hasil karyanya. Alhasil ia diterima karena porto folionya dinilai di atas rata-rata," kata Mang Jamal sapaan akrabnya.

Mang Jamal mengatakan bahwa awal-awal kuliah, Maria sempat kebingungan dengan sistem komputer di kampusnya di University of North Carolina at Greensboro (UNCG). Alhasil ia menggambar tidak menggunakan komputer melainkan dengan menggambar manual di atas kertas. "Banyak yang tercengang melihat hasil karyanya. Ia menulis email kepada saya bahwa orang bule banyak yang bilang Amazing," katanya.

Menurutnya secara kualitas orang Indonesia ternyata diakui di luar negeri, ada alumni yang bekerja di perusahaan Belanda, secara kualitas orang Indonesia pada jago mempunyai daya juang tinggi serta bawa nama baik bangsa dan keluarga.

"Prestasi tugas-tugas kuliah Maria selama di Itenas memungkinkannya dapat melanjutkan pendidikan di kampus negeri Amerika. Sambil kuliah, Marie bekerja paruh waktu sebagai desainer di Zimmerman Furniture lalu di pabrik karpet Lexington North Carolina. Setelah lulus, sempat bekerja jadi Desainer Interior di sebuah konsultan," kata Mang Jamal.

Karena belum mendapat lisensi sebagai Desainer Interior, dalam proyek-proyek yang diekspos majalah, nama Maria tidak pernah dicantumkan sebagai tim desainer interior. Tidak betah, dia kemudian mendirikan perusahaan sendiri MLDG LLC.

Jamal mengatakan selain seorang Desainer Interior, dia juga seorang pelukis yang karyanya sering dia pamerkan dari galeri ke galeri terutama di Morikami Museum and Japanese Garden. Kabar kemudian, dia dan suaminya pindah ke selatan, Boca Raton, Palm Beach, negara bagian Florida.

"Lama tidak terdengar kabar. Hingga suatu hari dia mengirim e-mail dilengkapi foto-foto dirinya dan beberapa bule berpakaian hitam. Ternyata foto dia sedang dilantik jadi polisi di Palm Beach County. Hah...Jadi polisi Amrik?" ujar Jamal.



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...