DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 21 Maret 2012

Anda Sulit Berhenti Merokok? Ini Mungkin Cara Jitu yang Patut Dicoba!

Rabu, 21 Maret 2012
Berhenti merokok bukanlah perkara mudah untuk orang yang sudah kecanduan. Efek nikotin membuat perokok tidak mampu menahan godaan untuk kembali menghisap tembakau. Namun bila Anda memang ingin berhenti merokok, ada beberapa cara yang bisa dipraktikkan.

Kunci untuk dapat menghentikan kebiasaan merokok adalah niat dan tekad yang kuat dari diri sendiri, juga dukungan dari orang-orang sekitar. Meski begitu, efek balikan dari nikotin membuat perokok tidak mudah untuk melawan keinginan merokok.

Bila Anda benar-benar ingin berhenti merokok, cobalah praktikkan beberapa cara yang dapat mengalihkan perhatian terhadap rokok, yang secara perlahan membantu Anda berhenti merokok, seperti dilansir Mayo Clinic dan indiatimes, Selasa (20/3/2012):

1. Memperlambat atau menunda
Jika muncul keinginan untuk merokok, cobalah mengatakan pada diri sendiri untuk menundanya 10 menit lagi. Kemudian lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian. Trik sederhana ini cukup ampuh untuk menghindarkan diri dari rokok. Ulangi sesering mungkin dengan pertambahan waktu.

2. Minum banyak air putih
Dalam beberapa hari pertama, minumlah banyak air putih untuk membantu membasuh nikotin dan racun-racun lain yang ada di dalam tubuh. Ini akan membantu mengatasi efek balikan yang timbul karena otak terputus dengan nikotin.

3. Tidak merokok walaupun satu batang
Seseorang mungkin tergoda untuk merokok satu batang untuk menghentikan keinginan yang muncul. Tapi jangan membodohi diri sendiri, karena kebanyakan orang tidak berhasil berhenti di satu batang rokok sehingga gagal untuk menghentikan kebiasaannya ini.

4. Lakukan aktivitas fisik
Aktivitas fisik bisa membantu mengalihkan perhatian dan mengurangi intensitas dorongan yang muncul. Dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit bisa sangat membantu. Cobalah keluar rumah untuk berjalan-jalan, jogging, membersihkan rumah atau menggunakan tangga saat di kantor.

5. Lakukan teknik relaksasi
Mengatasi keinginan untuk berhenti merokok bisa membuat seseorang sangat stres, karena biasanya rokok dianggap obat stres yang baik. Karena itu cobalah melakukan teknik relaksasi, seperti teknik pernapasan, relaksasi otot, yoga, hipnosis atau pemijatan untuk mengatasi stres yang muncul.

6. Tuliskan manfaat berhenti merokok
Tuliskan atau ucapkan dengan suara keras alasan dan manfaat yang didapatkan jika berhenti merokok. Hal ini akan membuat seseorang merasa lebih baik, semakin sehat, mencintai diri sendiri dan juga menambah uang tabungan.

7. Mengunyah sesuatu
Berikan sesuatu yang bisa dikunyah oleh mulut, misalnya mengunyah permen karet, permen mint atau mencari cemilan sehat lainnya yang bisa memuaskan mulut untuk mengunyah atau menghisap.


0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...