
Pasti ada satu alasan mengapa banyak orang sering berhenti  menyelesaikan suatu proyek atau tugas mereka, entah itu tugas kecil atau  besar, pada titik-titik tertentu. Mungkin mereka merasa tugasnya sangat  menumpuk atau sangat sulit untuk dikerjakan sehingga mereka frustasi  dan stress. Akhirnya mereka berhenti mengerjakannya atau setidaknya mereka berpikir untuk berhenti.
Saat mereka frustasi, otomatis akan tercipta suatu penghalang dalam  diri mereka yang menyebabkan motivasi mereka untuk tetap melanjutkan  pekerjaan terganggu. Antusiasme mereka yang tinggi saat mereka melakukan  tugas tersebut pertama kali akan turun dengan sangat drastis dan  kemungkinan mereka berhenti menyelesaikan tugas di tengah jalan  sangatlah besar.
Apakah yang biasanya mereka sering lakukan di saat seperti itu?
Mereka akan berjalan dengan menyeret kakinya, membuat kopi dan ketika  bertemu dengan seseorang yang ‘tepat’, mereka akan menghabiskan  beberapa menit untuk melakukan pembicaraan satu arah, mengeluh tentang  proyek atau tugas yang sedang mereka kerjakan. Mungkin secara tidak  sadar anda pernah mengalaminya.
Ketika mereka telah selesai mengeluh, mereka segera kembali pada  tugasnya dan berpikir dengan penuh keraguan dan kebencian, bagaimana  mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka tersebut.
Daripada anda jatuh pada keadaan yang lebih sulit lagi dan menambah  frustasi anda, saya akan mencoba berbagi 5 cara bagaimana anda tetap  produktif dan termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah anda mulai  serta antusias terhadap apa yang anda kerjakan:
1. Pecahlah tugas anda menjadi beberapa bagian kecil. 
Anda hanya perlu membagi tugas anda (break down) menjadi  bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih terkendali. Sebagai contoh:  anda memiliki target pribadi untuk membuka sebuah usaha. Jika yang  terpikirkan oleh anda hanya membuka tempat usaha dengan segera, maka  anda bisa-bisa frustasi di tengah jalan. Yang perlu anda lakukan adalah  membagi tugas anda tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil,  seperti : survei lokasi, mencari supplier, mengurus perijinan, mencari  pegawai, membeli perlengkapan usaha dan melakukan aktivitas promosi.  Bukankah terlihat menjadi lebih mudah?
Dengan membagi tugas anda menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, akan  membuat pekerjaan anda juga menjadi tidak membosankan. Ketika anda  berhasil menyelesaikan satu tugas kecil, anda akan merasa terpuaskan dan  gembira. Secara psikologi ini merupakan modal berharga untuk melangkah  ke tugas kecil berikutnya.
Tetapi sebelum anda melanjutkan ke tugas berikutnya, ada baiknya anda  memberikan penghargaan untuk diri anda sendiri, misalkan membeli  secangkir kopi starbucks atau apapun yang bisa memanjakan anda untuk  merayakan pencapaian yang telah anda lakukan.
Ketika perayaan tersebut berakhir, kembalilah pada pekerjaan anda dan  mulai melakukan tugas kecil anda berikutnya. Saya yakin mood anda saat  itu akan sangat berbeda. Anda akan lebih produktif dan lebih termotivasi  dalam bekerja. Di satu sisi anda akan berusaha mencari lagi  penghargaan-penghargaan berikutnya.
2. Manfaatkan efek bola salju.
Coba anda temukan bagian dari tugas anda yang yang paling  menyenangkan dan mulailah dari sana. Anda akan dengan mudah dan cepat  menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mungkin anda pernah mendengar tips  mengerjakan soal ujian : mulailah dari yang mudah terlebih dahulu,  tinggalkan dulu yang soal-soal yang sulit. Jika anda hanya berkutat pada  soal yang sulit, anda akan stress dan kehabisan waktu, sementara masih banyak soal yang belum dikerjakan. Prinsip ini pun sama digunakan dalam menyelesaikan tugas atau proyek anda.
Ketika anda selesai mengerjakan bagian dari tugas yang menyenangkan,  secara tidak sadar anda telah selangkah lebih maju menuju penyelesaian  tugas atau proyek anda. Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri  dan motivasi anda untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya yang lebih  sulit. Ketika anda berhasil kembali menyelesaikan, rasa percaya diri  anda semakin tinggi lagi. Inilah yang disebut efek bola salju.
3. Hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus.
Beberapa orang memiliki sifat ingin cepat menyelesaikan pekerjaannya.  Sifat ini sebetulnya baik, namun yang kurang baik adalah jika hal itu  dipraktekkan dengan melakukan banyak tugas secara serentak. Saya pun  dulu suka melakukan kebiasaan  yang kurang baik seperti ini. Akhirnya tidak ada pekerjaan yang  terselesaikan, justru memakan waktu yang lebih lama. Rasa-rasanya  superman pun tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sekaligus.
Fokuslah pada apa yang sudah ada di depan mata anda. Selesaikan tugas  anda satu per satu. Saya jamin anda akan lebih produktif, tingkat  motivasi anda akan terus meningkat (seperti telah saya sampaikan pada  point 1 dan 2), serta anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih  cepat.
4. Beristirahat dan bersenang-senanglah
Ada satu saat dimana motivasi anda menurun dan anda merasa tidak  bersemangat. Mungkin anda telah melalui hari-hari yang panjang dan  melelahkan, atau tugas yang tersisa begitu beratnya untuk diselesaikan  dan memakan waktu yang sangat banyak. Anda bukanlah robot, oleh  karenanya saya sangat menyarankan anda untuk meninggalkan pekerjaan  sementara waktu.
Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton bioskop, pergi  ke restoran favorit, chatting, atau berkumpul bersama dengan  sahabat-sahabat anda.
Tujuannya disini adalah mengalihkan perhatian anda dari tugas-tugas  anda serta mengurangi stress/frustasi yang anda rasakan. Jadi ketika  anda melakukan hal-hal yang menyenangkan tersebut, jangan terpikirkan  mengenai tugas-tugas yang belum terselesaikan. Betul-betul lupakan  total! Ketika anda kembali pada tugas anda, saya yakin anda akan lebih  santai, segar dan termotivasi untuk melanjutkan.
5. Beristirahatlah sejenak.
Beristirahat lagi? Ya, namun kali ini adalah istirahat sejenak.  Setelah anda bekerja selama 40-45 menit, ambillah break ringan selama  3-5 menit. Disarankan anda sedikit menjauh dari area kerja anda.
Penelitian mengatakan bahwa setelah anda bekerja selama 40-45 menit,  otak anda cenderung lelah atau melambat. Mungkin kondisinya tidak  memungkinkan anda untuk menunda atau meninggalkan pekerjaan. Namun  intinya adalah ketika anda merasa sangat lelah atau anda sudah tidak  dapat fokus lagi, beristirahatlah sejenak. Lakukan peregangan, minum  segelas air putih, atau berjalan-jalan mencari udara segar. Anda akan  mendapatkan energi tambahan secara instan, sehingga anda akan  termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan kembali pekerjaan anda.
Jadikanlah 5 hal ini menjadi bagian dalam hidup anda. Jika anda dapat  melakukannya secara konsisten, saya rasa anda akan lebih produktif,  lebih antusias, lebih termotivasi dan memiliki rasa kepuasan diri yang  tinggi.





0 comments:
Posting Komentar