DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Selasa, 25 Januari 2011

HT Mobile M16 Music Hadirkan Sensasi Musik & Citra Maskulin

Selasa, 25 Januari 2011


Banjir ponsel lokal rupanya mendrong sejumlah vendor memutar otak agar produknya mencuri perhatian konsumen. HT Mobile, misalnya, meluncurkan seri HT M16 Music dengan promo "Musik Lebih Gahar dengan Speaker Glegar." Apakah performa ponsel ini segagah tagline-nya? 

Bodi ponsel ini tergolong bongsor dan tebal. Dengan dimensi 115 x 61 x 15,3 milimeter dan bobot 110 gram, serta dominasi warna hitam pada casing dan tombol-tombol di keyboard qwerty-nya, tampilan ponsel ini pun terkesan maskulin. Material plastik glossy pada hampir seluruh bagian casing menjadikan ponsel ini terkesan ‘wow’. Hanya saja, menyebabkan bodinya terasa agak licin dalam genggaman tangan. 

M16 disandangi layar TFT beresolusi QVGA (320×240 piksel), berukuran 2,2 inci. Anehnya, layar utama M16 Music tak menampakkan satu pun pintasan ke portal jejaring sosial seperti pada kebanyakan ponsel lokal yang beredar di pasar sekarang. 

Meski bertampilan fisik sangar, M16 Music tak dipersenjatai kamera yang ‘gahar’ pula. Cameraphone-nya hanya sanggup menghasilkan gambar berkualitas VGA, dengan resolusi 0,3 megapiksel. 



Saat kami menjajal kamera ini di indoor, gambar yang dihasilkannya masih mengandung banyak noise dan kurang tajam. Meski kami sudah memilih mode pengambilan gambar malam hari—untuk menghasilkan kualitas gambar paling optimal di indoor. 

Untuk pemotretan di outdoor, subyek terlihat jelas namun masih terasa kurang tajam. Terlihat bintik-bintik pada hasil pemotretan. 

M16 menyediakan dukungan untuk akses Internet lewat jalur GPRS kelas 12. Dukungan ini cukup untuk sekedar membuka portal jejaring sosial, namun dengan tingkat kecepatan yang tak bisa dibilang cepat. 

Untuk membuka halaman web, tersedia browser WAP dan, sebagai alternatif, browser Opera Mini. Dengan browser yang disebutkan terakhir ini, kami mencoba membuka-buka halaman web, dan mendapati prosesnya berjalan cukup mulus. 

Untuk mendukung gaya hidup pengguna yang gemar berinteraksi via layanan jejaring sosial, M16 Music menyediakan aplikasi Facebook, Twitter, Mig33, dan aplikasi chatting seperti eBuddy, Yahoo Messenger, AOL, MSN, dan Gtalk. 

Pada panel depan, kami menjumpai barisan keyboard Qwerty dalam posisi relatif rapat serta beberapa tombol pintasan. Berbahan plastik dove, papan ketik ini cukup nyaman digunakan karena terasa empuk di ujung jari, tidak licin, dan ukuran tombol-tombolnya lumayan besar. Sayangnya, muncul suara agak berisik saat tombol-tombolnya dipakai untk mengetik pesan. 

Ponsel ini disandangi kunci D-pad empat arah berbentuk lingkaran. Dengan tombol “OK” di tengahnya, yang juga berfungsi untuk membuka menu utama. 

Di samping kiri kunci navigasi, terdapat tombol dialing dam tombol shortcut ke aplikasi Facebook. Jadi bila Anda ingin membuka Facebook, bisa dengan mudah menjangkau tombol pintasan itu dengan ujung ibu jari. Sedang di samping kanan kunci navigasi, Anda bisa menemukan tombol back, dial off, serta dedicated music key alias tombol khusus untuk masuk ke fitur pemutar musik. 

Di samping kanan bodi, tersemat dua port. Satu di antaranya untuk earphone, satu lagi port USB yang juga berfungsi sebagai port charger. Sedang di bagian samping atas, tampak dua buah lampu senter LED, mengapit lubang charger seperti yang biasanya terdapat pada model ponsel Nokia. 

Nah, saat mulai mengamati bagian belakang bodinya, kami tercengang melihat lubang speaker berukuran 2,5 centimeter. Jauh lebih masif dibanding speaker pada kebanyakan ponsel lainnya. Keberadaan speaker ini menerbitkan kesan sangar pada punggung M16, dan menguatkan citranya sebagai ponsel musik. 

Lensa kamera berdiameter kurang dari 0,5 centimeter seperti tersisih di samping samping kiri speaker raksasa untuk ukuran handset ini. 

Sudah puas mengotak-atik fitur hiburan, kami berajak ke fitur religi. Ponsel ini menghadirkan fitur Islami berupa alarm Adzan yang dapat disetel sesuai waktu sholat pada wilayah di mana penggunanya berada. Fitur Islami lainnya, petunjuk arah Kiblat, dan kalkulator zakat—untuk membantu pengguna menghitung zakat yang harus dibayarkan. 

Fitur lainnya, phonebook kapasitas 200 entri. Sedang di sektor messaging, M16 menyediakan akses ke layanan SMS dan MMS, selain layanan email dengan format protokol POP3 dan IMAP. 

M16 Music layak disandangi predikat ponsel musik. Untuk ponsel yang ditawarkan dengan harga resmi Rp 400 ribuan, fitur-fiturnya terbilang lengkap. Meski tingkat keandalan fitur-fitur tersebut secara umum berada di level rata-rata fitur pada ponsel di kelas harganya. Cocok untuk music mania dan yang ingin tampil maskulin.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...