DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Senin, 31 Januari 2011

Mempermudah Aktivitas Ngeblog Dengan Zementa

Senin, 31 Januari 2011
Tadi pas blogwalking saya menemukan sebuah tool yang cukup bermanfaat bagi pengguna blogger. Namanya adalah Zementa. Tool ini bersifat browser plug-in sehingga kita tidak perlu memasukkan javascript ataupun kode HTML kedalam template untuk menggunakannya tetapi cukup dengan menginstal pada browser yang kita gunakan maka tool ini akan berfungsi. Zementa sudah mendukung hampir semua jenis browser seperti IE (Internet Explorer), Firefox, Google Chrome dan Safari sehingga anda tidak perlu khawatir tidak dapat mencicipi tool ini.

Tampilan dari tool zementa ini sangat user-friendly dimana setelah kita memasangnya. Pada sebelah kanan dan bawah post editor akan secara otomatis muncul gadget Zementa yang berisi gambar, link, tag (label), dan sumber informasi yang berhubungan dengan artikel yang disuguhkan. Contoh tampilannya seperti screenshot dibawah ini.


zementaDengan adanya tool ini, maka waktu ngeblog kita bisa dipersingkat karena kita tidak perlu menghabis banyak waktu untuk mencari gambar yang berhubungan. Tetapi tool ini akan secara otomatis menampilkan gambar, link, dan tag (label) yang sesuai dengan kata-kata yang kita ketik pada bagian post editor.

Selain itu tool ini juga akan secara otomatis menyuguhkan artikel yang berhubungan. Sehingga bisa dijadikan sebagai sumber referensi maupun informasi tentang topik yang kita bahas.

Dan gambar yang disuguhkan zementa sudah mendapat lisensi atas hak cipta sehingga kita tidak perlu khawatir atas tuntutan apapun bila kita menggunakan gambar milik orang lain. Nah bagi anda yang ingin mencoba kehebatan tool ini. Langsung aja menginstal plugin atau addon zementa di http://www.zemanta.comatau klik disini untuk pengguna Firefox dan disini untuk pengguna IE.
Sekedar info
Secara default, setelah anda menginstal, gadgetnya akan berada disamping kanan post editor. Jika anda ingin menggantinya ke sebelah kiri. Anda bisa mengganti posisinya di menu Preferences. Dan setiap kali anda memposting artikelmenggunakan gambar, link atau label dari zementa maka pada bagian bawah artikelakan muncul signature zementa dalam bentuk gambar. Jika anda tidak ingin menampakkan signaturenya, anda bisa mengganti menjadi transparant imagepada menu Preferences atau menghapus kode signature pada bagian post editor.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat  : )

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...