SENYUM, SAPA DAN SALAM

Kamis, 27 Januari 2011

LUKISAN WANITA TELANJANG TERMAHAL DUNIA

Kamis, 27 Januari 2011

Inilah Lukisan Wanita Telanjang Termahal di Dunia 



Lukisan bergambar wanita telanjang karya pelukis Italia Amadeo Modigliani ini mungkin lukisan termahal. Meski gambarnya hanya seorang perempuan setengah bugil, lukisan tersebut terjual 68,96 juta dollar AS dalam lelang di balai lelang Sotheby, New York, AS.

Nilai lelang tersebut tergolong mengejutkan karena lukisan yang sama pada lelang terakhir sebelumnya hanya terjual 16,8 juta dollar AS. Umur lukisan berjudul Nu Assis sur un Divan atau Duduk Telanjang di Sebuah Dipan itu memang cukup tua hampir 100 tahun. Ini merupakan salah satu lukisan-lukisan perempuan telanjang yang dibuat Modigliani tahun 1917.
"Ini merupakan karya yang luar biasa, melihat minat peserta lelang yang belum pernah sebesar sekarang ini dalam lelang selama beberapa tahun terakhir," kata Simon Shaw, senior vice president Sotheby, usai lelang Selasa (2/11/2010) malam.

Saat lelang dimulai, suasana peserta dalam ruangan sebenarnya dilaporkan tak terlalu antusias. Namun, saat lukisan perempuan telanjang tersebut diperebutkan lima orang yang diduga dari Asia dan Rusia, lelang jadi lebih hidup. Meski seperempat lukisan yang dilelang gagal terjual, total Sotheby berhasil meraup 227 juta dollar AS dari lelang sejumlah lukisan. Empat buah lukisan terjual di atas 19 juta dollar AS.

Kini lukisan-lukisan Modigliano memang berharga tinggi. Namun, ironisnya sang pelukis meninggal saat kondisi miskin pada usia 36 tahun pada 1920 karena serangan TBC dan meningitis.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...