DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Sabtu, 29 Januari 2011

Bagaimana UKM Memanfaatkan Internet?

Sabtu, 29 Januari 2011

Saat ini banyak usaha kecil menengah (UKM) bermunculan di Indonesia. Hal ini berdampak positif bagi perekonomian global di Indonesia maupun juga dalam rangka meningkatkan daya saing dalam bidang penyediaan produk atau jasa di segala bidang. UKM disini bisa berbagai macam, mulai dari usaha handycraft, produk makanan, jasa rental kendaraan bermotor atau juga usaha di bidang IT seperti menjual space hosting dan juga jasa web design.

Beberapa waktu yang lalu ada acara talkshow di salah satu radio swasta yang membahas topik pemberdayaan IT dalam mendukung usaha kecil menengah. Menurut salah satu narasumber acara itu, Bido A. Budiman dari ifc.org yang biasa memberikan pelatihan-pelatihan kepada UKM di Indonesia mengenai pemanfaatan IT dalam menunjang usahanya, penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bisa dijabarkan menjadi beberapa poin seperti berikut ini :
Media Komunikasi
Internet digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak, misalnya antara UKM dengan suplier. Ambil contoh UKM di bidang peternakan ayam. Pemiliknya bisa menggunakan e-mail kepada suplier pakan ternaknya untuk melakukan order atau sebaliknya pihak suplier yang melakukan komunikasi dengan UKM. Jadi, komunikasi di sini bisa bermacam-macam, salah satunya penggunaan e-mail. Pernah ada perusahaan jasa tenaga kerja di Surabaya yang sudah menggunakan Yahoo! Messenger untuk melakukan negosiasi dengan calon penampung tenaga kerja di Hongkong. Jadi para calon TKI tersebut duduk di depan PC yang dilengkapi denganwebcam sehingga calon penampung tenaga kerja di luar negeri bisa melihat langsung kondisi fisik dari calon TKI dan melakukan wawancara melalui media voice chat.

Promosi
Maksudnya internet digunakan sebagai sarana promosi jasa atau produk yang ditawarkan oleh UKM. Sebagai contoh misalnya UKM di bidang rent car (persewaan kendaraan), bisa mempromosikan jasanya melalui website atau juga melalui mailing list. Dari pengalaman banyak pegiatnya, media mailing list merupakan yang paling efektif untuk menawarkan jasa atau produk. Kenapa begitu? Itu dikarenakan bahwamailing list adalah suatu forum diskusi berbasis e-mail mengenai suatu topik tertentu. Orang-orang atau pihak-pihak yang tergabung dalam suatu mailing listtertentu biasanya mempunyai satu kesamaan tujuan dan juga kesamaan minat tertentu. Sebagai contoh ada mailing list mengenai balita atau mailing list ayah-bunda yang isinya mengenai seputar pasangan muda yang baru mempunyai anak. Anda misalnya seorang pengusaha UKM di bidang pakaian bayi, Anda bisa menawarkan produk Anda ke mailing list yang sudah disebutkan tadi. Dengan demikian promosi bisa lebih fokus kepada target audience tertentu dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan.
Promosi di internet bisa dilakukan melalui berbagai cara yaitu:
1. Website, Anda bisa membuat website bagi jasa atau produk yang Anda jual dan masukkan website tersebut ke dalam search engine. Ukurlah seberapa efektif promosi Anda melalui website. Ini bisa dilihat dengan mengamati statistik pengunjung website Anda atau juga dari feedback yang masuk melalui website Anda.
2. Mailing list, Anda bisa mengirimkan promosi jasa atau produk Anda dalam bentuk e-mail ke mailing list yang relevan dengan yang Anda tawarkan. Caranya mudah sekali. Anda bisa menuju ke www.yahoogroups.com dan carimailing list yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan kemudian ikutlah bergabung dengan mailing list tersebut. Sembari berdiskusi dengan anggota mailing list yang lain maka Anda bisa juga menawarkan produk atau jasa Anda.
3. Chatting, Anda bisa menggunakan sarana chatting untuk menawarkan produk atau jasa Anda. Chat disini biasanya efektif jika dalam bentuk chat room (bukanprivate chat). Sebagai contoh Anda bisa membuat chat room di Yahoo! Messenger untuk mengajak orang bergabung dan melihat apa yang Anda tawarkan.
Internet sebagai Sarana Riset
Fungsi dari internet yang tidak kalah pentingnya adalah untuk melakukan riset dan perbandingan. UKM harus memanfaatkan internet untuk riset agar bisa mengetahui seberapa jauh keunggulan produknya dibanding produk sejenis lain yang sudah ada. Fungsi riset disini juga bisa digunakan untuk mencari formula baru untuk memperkuat mutu dari produk atau jasa. Riset juga berguna untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh kompetitor dengan produk yang sejenis dengan yang Anda punya. Senjata utama dari melakukan riset adalah dengan cara memanfaatkan search engine dengan baik. Menggunakan search engine tidaklah sesederhana yang Anda bayangkan. Penggunaan keyword yang tepat akan mempercepat usaha riset Anda di internet dan pada akhirnya juga akan bisa bersaing dengan UKM lain yang belum memanfaatkan internet untuk melakukan riset.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...