DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 26 Januari 2011

Tips Sukses Kuliah

Rabu, 26 Januari 2011

Kali ini saya pingin berbagi tips2 sukses kuliah versi apris wahyudi calon ST (hahaha...)Tentu aja harus disamakan dulu y persepsinya. Klo dalam pandanganku nih…yg dinamakan orang sukses kuliah tuh harus memenuhi beberapa syarat kayak gini :


1. Lulus tepat waktu (maksimal 4,5 tahun) 2. Dapet Predikat cumlaude or minimal IPK nya diatas 3 lah , 3. Langsung dapat kerjaan (ga pake nganggur) , 4. ga kuper alias banyak temennya , 5. dikenal baik di lingkungannya , 6. komunikatif and kreatif. Banyak banget kan?
YuPz..itu sih versikoe.. klo untuk point 1,2 and 3 itu sih standard banget y…nah menurutku klo seseorang bisa memenuhi poin 1,2 and 3 tapi g dapet di 4,5 and 6 nya sama aja boong…alias tong kosong..knapa? Tentu aja karena sebenarnya tujuan kita belajar itu kan y biar bermanfaat buat orang lain..lha klo pinter tapi ga punya temen, ga kenal tetangga and ga bisa berbuat sesuatu sekecil apapun buat lingkungan sekitarnya apa gunanya dunk kuliah sampe sarjana?

Nah ini nih yang harus diluruskan dulu persepsinya.Kadang kala orang berfikir bahwa parameter orang itu sukses itu adalah KAYA, kerja di perusahaan elit and terkenal. Klo cuman pingin jadi kaya ga kuliah pun klo cerdas,kreatif and inovatif pasti juga bisa,liat aj tuh bill gate (empunya microsoft). Seorang bill Gate tuh ga lulus kuliah lho…tapi jadi orang paling kaya di dunia.
so..buat kamu2 yang masih ada di semester awal kuliah, harus punya persepsi yang benar dulu nih mengenai tujuan kita kuliah. Klo dalam persepsi ku, kuliah itu punya 3 tujuan penting, yaitu meng-upgrade ilmu sesuai dengan bidang keahlian kita (menuntut ilmu wajib lho), meng-create pola pikir dan menciptakan semacam social responsibility. Ketika seseorang itu punya ilmu, cerdas (pola pikirnya terasah) dan dekat dengan lingkungannya (mempunyai social responsibility) insya allah yg namanya pekerjaan itu mudah didapatkan. Bahkan sebelum dia mencari sudah dicari ^_^ so sweet kan?
Buat mewujudkan itu, aku punya beberapa tips yang semoga bermanfaat :
  1. Niat dulu *niatin kuliah tuh mo ngapain? Yg jelas bukan buat maen2 doang kan?
  2. Perhatikan baik2 apa yang diajarkan dosen *ini kuncinya menurutku, g harus punya catatan deh..asal dengerin bener apa yg disampekan dosen, 70 % nya dah terserap kok di otak..yg di catat poin2 pentingnya aj
  3. menjadikan Belajar sebagai hal yang menyenangkan *jangan menganggap belajar itu adalah beban..enjoy aj lagi…
  4. Mencari teman yang baik plus pintar *Penting and wajib bgt deh..klo sampe salah piilih temen bisa berabe lho!!! temen yang baek adalah teman yang tulus and biasanya temen yang kayak gini yang bakal bikin kita jadi selalu termotivasi ^_^
  5. Aktif berorganisasi (intra kampus maupun ekstra kampus) *bisa belajar b’sosialisasi dgn orla, blajar memahami orla, bljar menghadapi perbedaan , mbtuk pola pikir,etc –> PENTING bgt!!
  6. aktif dalam kegiatan social kemasyarakatan *jangan jadi katak dalam tempurung,lihatlah dunia di sekitarmu dan lakukan sesuatu :)
  7. Managemen waktu yang baik *kUnci dri semuanya nih
  8. Imbangi dengan penguatan ruhiyah (dengan sering ikutin kajian or pengajian or baca2 buku agama) dan jangan lupa always berdoa ^_^ *kekuatan utama nih
itu aja kok..simple kan? Oia satu hal yang harus diingat, yang namanya belajar tuh ga melulu harus SERIUS bgt dengan srtumpuk buku tebal lho…klo kita jeli, kita sbnrnya bisa belajar kapanpun and dimanapun …klo males belajar, ikutan aj kelompok belajar or kelompok study. Mencari temen yg baik bukan berarti pilih2 or gmna gtu…bertemanlah dengan siapa saja..but untuk ‘temen deket’ or ‘sahabat’ wajib BAIK (biasanya orang baik itu juga pintar). Knapa? Karena sahabat adalah orang yg bakal paling mempengaruhi kepribadian kita after keluarga. Yakin deh… klo sampe kmu salah pilih teman bakal bahaya bgt buat masa depan kmu sendiri..so wajib bgt bersahabat dengan Orang yg baek and berusahalah juga untuk jadi orang yang baek :)
tulisan ini dah teruji n silahkan untuk di uji, wlupun aq adh terlambat untuk menguji. soo...!! nikmati aja lg. hahaha..:) :) :) 

2 comments:

Eva Susanti mengatakan...

ho ho ho boleh lah gan tips nya, buat makan sambil nonton tv, ha ha ha, point mencari teman yagn baik itu susah gan nyarinya,......

Apris Wahyudi mengatakan...

betul, betul n betul tu va. skalian ma kopi n ubi gorengnya ya.
hmmm,... mak nyus.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...