DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 26 Januari 2011

Tips Sukses Berorganisasi

Rabu, 26 Januari 2011

Saat sedang enak-enaknya berorganisasi, bisa saja tiba-tiba Anda harus menghadapi kenyataan bahwa organisasi tempat Anda beraktivitas mengalami masalah yang sangat berat. Entah itu karena faktor intern person-nya maupun karena faktor luar.

Kalau Anda nggak siap menghadapinya tentu menyulitkan bukan? Karena itulah, Anda harus ‘prepare’ terhadap segala kemungkinan. Caranya? Anda harus mengatur strategi atau siasat untuk bertahan di tempat aktivitas Anda saat ini, sekaligus melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu Anda terpaksa ‘jobless’. Coba deh Anda simak tips di bawah ini:

• Berbicaralah pada pimpinan 

Cari waktu yang paling pas untuk berbicara ‘empat mata’ dengan pimpinan. Ajaklah beliau untuk berdiskusi tentang kondisi organisasi yang sesungguhnya. Dan katakan bahwa Anda ingin bertahan dan memberikan kontribusi pada organisasi ini. Selain itu Anda pun bisa berkonsultasi pada atasan untuk memperbaiki performa kerja Anda selama ini. Dengan demikian, Anda telah menunjukkan pada pimpinan bahwa Anda masih punya motivasi untuk memajukan organisasi.


• Jalin hubungan baik dengan semua rekan 
Menjalin hubungan baik dengan semua rekan-rekan Anda di organisasi, merupakan salah satu cara untuk mempertahankan ‘keberadaan’ Anda di lingkungan organisasi. Apalagi jika didukung dengan kemampuan kerja Anda yang baik. Misalnya jika di dalam rapat ada dua atau tiga orang rekan yang memuji hasil kerja Anda, tentu mereka akan pikir-pikir untuk meletakkan anda pada posisi yang kurang strategis dalam organisasi Anda.


• Lakukan pekerjaan menyebalkan 
Jadilah ’sukarelawan’ di kantor/organisasi dengan melaksanakan pekerjaan yang tidak dilakukan oleh rekan lain. Misalnya membantu atasan Anda memeriksa dokumen, mengedit dan mengoreksi surat atau proposal. Dengan melakukan pekerjaan ini bisa jadi atasan akan menaruh kepercayaan khusus untuk Anda.


• Jangan mengharap pujian 
Jangan kaget, kalau di saat sulit begini atasan Anda sangat ‘pelit’ pujian. Boro-boro memuji anak buahnya, memikirkan kondisi perusahaan saja sudah menyita waktu dan pikirannya. So, jangan terlalu mengharapkan pujian dan sanjungan bos atas pekerjaan yang telah Anda lakukan. Yang penting jangan berhenti untuk terus berkarya sebaik mungkin. Kalau Anda butuh ’support’ dan merasa perlu dipuji, pujilah diri sendiri.


• Kemukakan ide-ide cemerlang 
Kalau sebelumnya, Anda masih ragu-ragu untuk mengungkapkan ide-ide Anda, sekarang adalah saat yang tepat. Sampaikan ide gemilang Anda. Kalau ide Anda cukup berharga bagi oarganisasi, rasanya rekan-rekan Anda akan merasa ’sayang’ kepada Anda.


• Be profesional 
Bersikaplah seprofesional mungkin di kantor. Jangan mencampuradukkan urusan pekerjaan dan pribadi. Selesaikan semua urusan pekerjaan Anda tepat pada waktunya. Jangan sekalipun mengeluhkan pekerjaan Anda di kantor, terlebih di depan atasan. Tindakan Anda ini akan menambah point Anda di mata atasan.


• Investasi pendidikan 
Selama masih ada kesempatan, tak ada salahnya jika Anda melanjutkan pendidikan atau mengikuti berbagai kursus untuk menambah ketrampilan dan keahlian Anda. Hal ini akan menambah kualitas diri Anda.
Bagaimana? Nggak sulit kan mengatur strategi agar Anda bisa bertahan di jaman yang serba nggak pasti ini? Satu lagi yang penting, lakukan semuanya dengan kesungguhan hati. Selamat bertahan..!

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...