DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Minggu, 23 Januari 2011

Inilah Ciri-Ciri Anda Tidak Perlu Diet

Minggu, 23 Januari 2011
Setiap orang bermimpi untuk menurunkan berat badan dan memiliki tubuh ideal. Ratusan artikel, program penurunan berat badan, dan reality show juga mempertontonkan impian itu. 

Sementara itu, 60 persen warga Kanada sedang meningkatkan kesadaran terhadap masalah kesehatan, karena banyak masyarakat yang terkena obesitas atau hanya kelebihan berat badan.

Namun, tidak semua orang perlu menurunkan berat badannya. Jika sudah sesuai dengan kriteria di bawah ini, berarti Anda tidak perlu mengkhawatirkan berat badan.

1. Tidak ada alasan untuk diet.
Kepala Departemen Penelitian dan Manajemen Cardiovascular Obesity, Universias Alberta, Dr Arya Sharma mengatakan, pertanyaan pertamanya kepada pasien yang meminta untuk menurunkan berat badan adalah 'kenapa'? 

Pertanyaan itu pantas diajukan jika Anda berada dalam kondisi diet tetap. Dokter bisa membantu menurunkan berat badan jika Anda memang bermasalah dengan diabetes atau tekanan darah tinggi. 

"Jika alasan terbesarnya adalah untuk membeli baju dengan ukuran lebih kecil, Anda tidak perlu berdiet," tuturnya. 

Tanya dokter gizi Anda jika merasa lepas kontrol saat berdiet. Hal ini sering terjadi pada wanita. Tanamkan pada diri Anda, lebih baik memelihara badan sehat daripada berdiet tanpa alasan.


2. Tujuan tidak realistis.
Jangan memimpikan akan memiliki tubuh supermodel, meski Anda memiliki potongan tubuh seperti Naomi Campbell atau Oprah Winfrey. Tubuh Anda banyak dipengaruhi oleh faktor genetik. 

Jadi, dua orang berbeda gen tidak akan mencapai hasil serupa meski mengonsumsi kalori yang sama. "Itu tergantung pada genetik tiap orang," ujar Sharma. 

Sementara itu, terdapat ribuan gen yang mengontrol metabolisme tubuh manusia, cita rasa, kepuasan, dan kemampuan menyimpan lemak. "Tidak ada yang bisa menjamin ukuran tubuh Anda akan mengecil, meski Anda sangat fokus pada diet ketat," ujar dia.

3. Untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Berdasarkan Canadian Women's Health Network, hampir 90 persen wanita Kanada tidak bahagia dengan tampilannya di cermin. Padahal, yang mereka lihat hanya pikiran mengejek di kepalanya bahwa tubuhnya gemuk.

Untuk itu, perlu dipisahkan antara menurunkan berat badan guna membugarkan tubuh atau memberi kepuasan bagi pikiran buruk tersebut. 

"Masalah berat badan sangat jauh berbeda dengan tampilan tubuh," kata Sharma, "Yang terpenting adalah berada dalam kondisi fit."

Jika Anda sangat ingin kurus supaya menjadi lebih cantik, mungkin ini saatnya Anda mendiskusikan kebiasaan makan dengan ahli gizi.

"Pola makan yang salah biasanya dimulai saat orang berpikir menurunkan sedikit berat tubuhnya. Namun, tanpa disadari mereka lepas kontrol," tutur ahli diet di Vancouver, Jessica Begg.

4. Menerapkan pola hidup sehat.
Anda mungkin lupa bahwa membugarkan badan tidak hanya bisa dilakukan dengan memperkecil ukuran tubuh. Tubuh yang sehat bisa diperoleh dengan makan makanan bergizi dan rutin berolah raga.

Saat Anda berpikir melakukan diet secara sempurna, namun tidak mencapai hasil yang diinginkan, Anda mudah merasa frustasi. Bagaimana pun, berat badan tidak bisa mencerminkan kesehatan Anda. 

"Anda tidak punya alasan untuk diet jika tidak ada riwayat keluarga pada masalah obesitas. Hal yang sama juga terjadi jika ukuran tubuh Anda stabil pada beberapa tahun terakhir," kata Begg.

Yang patut disadari saat menimbang berat badan adalah yakinkan bahwa badan Anda tidak gemuk.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...