DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 21 September 2011

Fakta Mengerikan Tentang Serangan Jantung

Rabu, 21 September 2011

Gaya hidup yang tidak sehat membuat serangan jantung kini tidak hanya menyerang orang usia tua tetapi juga orang-orang muda. Ada beberapa fakta mengenai serangan jantung yang terjadi di seluruh dunia.

Jantung manusia memompa darah ke seluruh tubuh secara konstan yaitu sekitar 4-5 liter darah setiap menitnya. Karena itu jika aliran darah tersebut tidak lancar bisa mengakibatkan kerusakan otot jantung, yang menyebabkan gangguan pompa jantung (gagal jantung) dan kematian.

Untuk bisa mendapatkan umur panjang, jantung adalah salah satu organ yang mutlak harus dijaga kesehatannya. Gangguan jantung bisa sangat mematikan, oleh karena itu pencegahan menjadi langkah paling bijak untuk menghindari kematian mendadak akibat serangan jantung.

Beberapa fakta yang ada mengenai serangan jantung yang terjadi di seluruh dunia, dilansir Medindia, Rabu (9/3/2011), yaitu:
  1. 12,5 juta dari 32 juta perkiraan serangan jantung yang terjadi di seluruh dunia berakibat fatal
  2. 40-75 persen dari semua korban serangan jantung meninggal sebelum mencapai rumah sakit
  3. 50 persen pasien serangan jantung menunggu selama 2 jam atau lebih sebelum mendapat pertolongan medis
  4. Penyakit jantung membunuh lebih banyak wanita daripada pria di Amerika Serikat setiap tahunnya
  5. 38 persen wanita meninggal dalam waktu setahun setelah mengalami serangan jantung, dibandingkan dengan 25 persen pria.
  6. 1 dari 5 memeiliki beberapa bentuk penyakit jantung atau pembuluh darah
  7. Risiko serangan jantung kedua dalam waktu enam tahun serangan jantung pertama di perkirakan 35 persen pada wanita dan 18 persen pada pria
  8. Pria Asia Selatan lebih rentan terhadap serangan jantung pada usia yang lebih muda dibandingkan dengan orang yang termasuk kelompok etnis lain
  9. Diperkirakan bahwa di seluruh dunia 15,6 juta orang memiliki penyakit jantung rematik, 470.000 kasus baru demam rematik dan 233.000 kematian disebabkan oleh demam rematik atau penyakit jantung rematik setiap tahun, terutama di negara-negara berkembang.
  10. Tekanan darah tinggi disebut 'silent killer'
  11. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, gagal jantung atau gagal ginjal.
  12. Orang dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan modifikasi gaya hidup tertentu, seperti berhenti merokok, tidak obesitas atau menurunkan berat badan, tidak konsumsi alkohol, melakukan aktivitas fisik dan mengelola stres.
  13. Orang dapat menambahkan hingga 5 tahun harapan hidup dengan berhenti merokok
  14. Makan ikan seminggu sekali dapat mengurangi kesempatan orang mengalami serangan jantung sebesar 52 persen
  15. Memiliki kepribadian yang pendendam atau suka bermusuhan (Hostile personalities) meningkatkan risiko serangan jantung
  16. Menonton Piala Dunia juga meningkatkan risiko orang mengalami serangan jantung.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...