DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Selasa, 10 Januari 2012

Lionel Messi Meraih Ballon d’Or Tiga Tahun Berturut-Turut

Selasa, 10 Januari 2012
Dia baru berusia 24 tahun. Masa depannya sempat suram dengan masalah hormon pertumbuhan ketika masih remaja. Namun, tak ada yang bisa menghalangi Lionel Messi mendapatkan apa yang diinginkan.


Lionel Messi Ballon d'Or



5 gelar juara La Liga, 1 Copa del Rey, 5 juara Piala Super Spanyol, 3 kali gelar Piala Champions, 2 kali Piala Super Eropa, dan 2 kali pula merengkuh Piala Dunia Antar Klub. Sekarang, bubuhkan lagi dengan tiga kali Ballon d’Or berturut-turut. Siapa yang hendak menyamai rekor paling prestisius ini?
Wajar jika Messi mengungguli dua pesaingnya, Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal) dan Xavi Hernandez (Barcelona/Portugal). Ia memenangi segalanya. Messi mengemas 55 gol pada tahun 2011 dalam 70 pertandingan.
Messi juga tercatat selalu mencetak gol dalam enam kompetisi yang dilakoni Barcelona. Mulai dari La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub.
5 dari 6 kompetisi tersebut diraih berkat Messi pula. Ya, cuma di Copa del Rey saja Messi gagal mencetak gol di laga final. Selebihnya, dalam 4 partai final tahun 2011 Messi mampu mengemas 7 gol.
Keberhasilan Messi ini menyetarai kesuksesan Presiden UEFA saat ini, Michel Platini. Eks pemain Juventus dan skuad utama Prancis, pernah meraih Ballon d’Or tiga kali berturut-turut pula, yaitu pada 1983 hingga 1985. Semua didapatkan Platini ketika ia berkostum Juventus.
Sementara itu, ada pula dua orang yang mendapatkan Ballon d’Or, meski tidak diraih tiga kali berturut-turut. Mereka adalah Marco Van Basten (AC Milan/Belanda) pada 1988, 1989, dan 1992.
Van Basten mesti rela gelar serupa diserobot orang lain pada 1990 dan 1991, yaitu Lothar Matthaeus (Jerman/Internazionale) pada 1990 dan Jean-Pierre Papin (Prancis/Marseille) pada 1991.
Johan Cruyff yang juga menjadi legenda Ajax dan Barcelona, meraih Ballon d’Or pada 1971, 1973, dan 1974.
Namun, tidak ada yang seluar biasa Messi. Ia mendapatkan tiga gelar itu di usia 24 tahun. Bandingkan dengan Cruyff yang memperoleh Ballon d’Or ketiga di umur 27 tahun. Van Basten mendapatkannya di usia 28 tahun. Dan Platini menggenggam trofi tersebut untuk ketiga kalinya pada usia 30 tahun.
Pertanyaannya, kala Messi pensiun, berapa Ballon d’Or yang didapatkannya?



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...