DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Jumat, 19 Agustus 2011

Cara Mengenali Potensi Usaha Sekitar Kita

Jumat, 19 Agustus 2011
Menjadi Pengusaha (Entrepreneur) mungkin bukan cita-cita sebagian BESAR orang. Sebagian Besar orang akan lebih suka “Bekerja pada orang”, dari pada memuiai bisnis sendiri. Khusus bagi anda yang tertarik memulai Usaha sendiri saya berbagi Tips yang saya rangkum dari berbagai sumber dan pegalaman pribadi. Salah satunya untuk usaha tidak perlu jauh-jauh, apalagi bagi “pemula” yang ada di sekitar kita adalah potensi. Disamping itu usaha bisa menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita.

Model Usaha cukup banyak misalnya : membuat produk, menjual Jasa, memindahkan barang (distributor), dll. Dalam dunia usaha ada penjua ldan pembeli, pembeli adalah “pangsa pasar”. Mulailah berfikir lebih dalam, pasar adalah utama. Jika anda mengetahui pasar yang potensial itu adalah hal yang sangat positif dan bermanfaat. Selain iut kalau kita punya usaha nantinya setidaknya harus bisa menjawab : siapa, dimana dan seberapa jumlah pasarnya?
Ada beberapa tips yang bisa dicoba :
  • Meniru Usaha dengan sekitar. Kelebihan usaha meniru : Menyiasati modal, pasar, dan tenaga kerja. Jika tidak memiliki sumber daya yang cukup, langkah yang paling mudah adalah meniru usaha yang berhasil. Keterbatasan sumberdaya menuntut kehati-hatian untuk meminimalisasi risiko yang mungkin timbul. Model seperti ini banyak terjadi, misalnya disekitar kita ada yang jualan voucer Pulsa, Tetangga sebelah ada yang ikutan Jualan produk sama. Sehingga persaingan menjadi semakin Ketat.
  • Menyelami Sekitar lebih dalam. Lihatlah sekitar produk/potensi dasar sekitar anda misalnya : pertanian, perkebunan, Kerajinan, dan potensi dasarain. Coba tanyakan juga Harga dasar yang bisa anda dapatkan. Amati juga apakah mereka kesulitan mencari pasar? Kalau itu potensi dasar saya yakin pasti ada pasar, meskipun itu berada jauh dari tempat anda. Bagaimana cara mencari Pasar paling mudah menggunakan Internet. Atau tanyakan pada teman-teman andayang berada diluar daerah anda. Misal Misalnya : produk ini Ada apa tidak, harganya berapa ditempat Anda. jika ada selisih, itu bisa jadi potensi.
  • Bukan Jalan-jalan Biasa. Cobalah jalan-jalan ke tempat lain yang mempunyai karakteriktik wilayah/daerah yang hampir sama dengan tempat anda. Amati semua jenis usaha di tempat tersebut, Usaha apa yang sudah ada disana namun belum ada di tempat Anda. Perlu kejelian untuk melihat hal ini, karena tidak semua jenis usaha di tempat lain bisa langsung mudah “dipindahkan” ke tempat kita.
  • Sesuatu yang unik. Membuat sesuatu yang unik tidaklah mudah. Namun jika itu menarik dan potensial mungkin itu bisa menjadi salah satu jenis Usaha Anda. Usaha yang Unik adalah usaha yang berbeda dari yang lain. Jenis ini tingkat persaingan akan lebih sedikit namun harus didukung usaha “menciptakan pasar”.

Sebagai contoh saya memulai bisnis Jualan Souvenir Online menggunakan sebagian cara 1, 2, 3 dan 4. Jika anda belum pernah tapi sudah berniat kuat, coba jalankan segera. Setelah berjalan Anda “baru tahu rasanya” dan baru bisa bercerita. Ketika menhadapi masalah baru yang kadang diluar prediksi, itulah tantangan Anda. Selamat Mencoba.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...