DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Minggu, 03 November 2013

Keluar dari bayangan masa lalu

Minggu, 03 November 2013
Fhoto by djangkarubum
Ada banyak manusia yang tidak bisa berkembang hanya karna terjebak dengan kegagalan-kegagalan masa lalu dan mengalami kematian dalam berpikir sehingga tidak mampu mengembangkan diri. Oleh karna itu, memancing keluarnya ide-ide adalah hal yang harus dilakukan.

Kita jangan pernah terjebak dengan rutinitas dan mengikuti irama kerja yang tidak kreatif dan minim inovasi.peluang bukan berada diluar diri seseorang tetapi sebenarnya berada didalam cara pandang masing-masing orang.

Mari kita amati percobaan dibawah ini:
Seorang peneliti melakukan penelitian terhadap seekor belalang yang diletakkan didalam dua stoples berbeda. 

pada percobaan pertama, begitu belalang diletakkan,serangga itu lansung melompat
pada percobaan kedua, belalang yang sama diletakkan kembali namun dibagian atas nya ditutup dengan kain yang tembus pandang. Belalang pun melompat keluar namun jatuh kembali hingga berulang kali.
Setelah beberapa lama,  kain tersebut dibuka. Apa yang terjadi? Belalang tersebut tetap melompat hanya tidak sampai keluar, melainkan sebatas bibir toples padahal kainnya sudah dibuka.

Pengalaman masa lalu telah membuat si belalang tidak bisa berkembang, bahkan ia telah memponis diri bahwa “saya tidak bisa”. hanya karena terjebak dengan kegagalan-kegagalan masa lalu dan mengalami kematian cara berpikir hingga tidak mampu berkembang. Jadi jangan mau dibawa oleh nostalgia masa lalu tanpa mau berubah seiring dengan perkembangan zaman.

Oleh karna itu, upaya yang dilakukan saat ini adalah bagaimana memancing keluarnya ide-ide brilian dan mengaktualisasikannya, sekalipun lingkungan (bahkan pemimpin sekalipun) tidak mendukung ide-ide tersebut.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...