DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Senin, 20 Agustus 2012

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Senin, 20 Agustus 2012
Sejumlah proyek Gedung impian ini pernah dirancang sejumlah negara di dunia. Sayangnya, proyek-proyek prestisius itu justru tidak pernah terwujud hingga saat ini. Dikutip dari laman businessinsider, setidaknya terdapat 7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud :

1. The Chicago Spire

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud
Lokasi: Chicago, AS

Dengan hanya menyisakan pekerjaan fondasi, pembangunan gedung pencakar langit yang rencananya memiliki tinggi 2.000 kaki (sekitar 61 meter) ini terpaksa berhenti pada 2008 akibat resesi.

Penyebab lain dari mandeknya pembangunan gedung Chicago Spire ini adalah, pihak pengembang yaitu Garrett Kelleher, terlilit masalah hukum dengan Anglo Irish Bank Corp. Pertikaian kedua pihak karena utang macet Kelleher.
Usai masalah keuangan ini dan berbagai upaya desain ulang gedung, proyek pencakar langit ini pun dihentikan.


2. Fourth Grace

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Lokasi: Liverpool, Inggris

Nama proyek gedung impian di Inggris ini diambil dari lokasi pembangunan yang berdekatan dengan gedung bersejarah di situs Pier Head, Liverpool yang dikenal dengan istilah The Three Graces.
Pada tahap awal, pembangunan karya arsitek ini sudah sangat rumit dan menyusahkan. Tak ayal lagi, biaya pembangunan pun terus membengkak.
Akhirnya, proyek pembangunan Fourth Grace ini dibatalkan pada 2004. Pembangunan gedung impian ini pun dipindahkan ke Toronto, Kanada, di mana pembangunannya masih berlangsung hingga kini.

3. The Illinois/Mile High

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Lokasi: Chicago, AS

Pada 1956, Frank Lloyd Wright membayangkan sebuah bangunan pencakar langit dengan ketinggian mencapai 1 mile (1,6 kilometer). Dengan ketinggian tersebut, gedung ini empat kali lebih tinggi dari Empire State Building yang kala itu dianggap sebagai gedung tertinggi di dunia.

Bahkan, dibandingkan gedung tertinggi pada saat ini, Burj Khalifa, gedung ini masih dua kali lebih tinggi.
Konsep dari gedung ini pun secara cepat menyebar ke seluruh Chicago, namun pendanaan untuk proyek tersebut tidak pernah bisa diterima.


4. Nakheel Harbour & Tower


7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Dubai, Uni Emirat Arab

Ambisi The Nakheel Harbour and Tower adalah menjadi ibukota tak resmi dari Dubai. Rencananya gedung ini akan menjadi bangunan tertinggi di dunia dengan ketinggian 4.600 kaki (1,4 kilometer).
Seiring perlambatan ekonomi dunia pada 2000, proyek tersebut dihentikan sementara pada Januari 2009. Namun, 18 bulan kemudian, proyek ini pun dibatalkan.


5. The Russia Tower

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Lokasi: Moscow, Russia

Beberapa bagian dari Menara The Russia Tower ini telah dibangun di lokasi International Business Centre. Proyek ini dimulai pada 2007 dan dijadwalkan selesai pada tahun ini.
Dirancang memiliki 118 lantai dan 101 lift, gedung ini direncanakan bisa menampung penghuni sebanyak 30 ribu orang.
Krisis utang yang melanda pada 2008 membuat pembiayaan gedung ini menemui masalah. Hingga akhirnya, pihak pengembang memutuskan untuk membatalkan pembangunan pada Juni 2009.

6. Shimizu Mega-City Pyramid

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Lokasi: Pantai Tokyo, Jepang

Rencananya, bangunan megah ini akan menyerupai sebuah piramida raksasa yang akan menempati lokasi di Pantai Tokyo. Bangunan ini dirancang 14 kali lebih besar dari Piramida Besar di Gaza, Mesir.
Sayangnya, proyek ini telah dikutuk sejak awal pembangunannya. Alasannya, pengembang tidak menemukan material yang tepat untuk membangun piramida tersebut. Lebih tragis lagi, struktur bangunan ini sama sekali belum pernah diciptakan.

7. Tatlin's Tower

7 Gedung Impian yang Hingga Saat Ini Tidak Terwujud

Lokasi: St Petersburg, Russia

Vladimir Tatlin merancang bangunan Tatlin's Tower pada 1919, dengan niatan untuk menjadi proyek utopia yang mampu mengerdilkan menara Eiffel di Prancis.
Struktur bangunan ini semula dirancang menggunakan bahan dari besi, kaca, dan baja. Vladimir Tatlin juga ingin agar bangunan ini bisa berputar setahun sekali.
Bangunan ini dirancang untuk melayani kegiatan konferensi, seminar, dan pertemuan legislatif. Namun, sayangnya, mimpi tersebut tak pernah terwujud.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...