DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Senin, 30 Juli 2012

Mezquita de Cordoba, Jejak Islam di Spanyol

Senin, 30 Juli 2012
Mezquita de Cordoba di Spanyol

Mezquita de Cordoba, atau Masjid Cordoba menjadi salah satu sisa kejayaan Islam pada masa silam di tanah Spanyol. Meskipun bangunannya kini digunakan sebagai katedral, namun arsitektur khas masjid yang megah masih tetap kokoh berdiri.
Masjid ini didirikan pada tahun 784 di bawah pengawasan Emir Abdur ar Rahman I, dan baru selesai dua abad kemudian. Seiring dengan penaklukan Cordoba oleh pasukan Kristen sejak abad ke-13, berdirilah katedral, kapel, dan kamar paduan suara bergaya Baroque di dalamnya.

Yang menjadi daya tarik Mezquita de Cordoba adalah gerbang-gerbang raksasa serta deretan 856 pilar batu jasper, onyx, marmer, serta granit. Pilar-pilar ini konon berasal dari reruntuhan bangunan Romawi yang menjadi asal muasal masjid, yang masuk dalam daftar warisan dunia versi UNESCO pada 1984.
Mezquita de Cordoba
Yang tidak boleh dilewatkan dari masjid ini adalah mihrab berkubah dengan mosaik Bizantium yang didirikan oleh Al Hakam II. Dulunya mihrab ini menyimpan salinan Al-Qur'an asli sehingga menjadikannya salah satu situs keagamaan Muslim terbesar.
Mezquita de Cordoba
Saat musim semi, cobalah berkunjung ke halaman luar masjid, yang kini menjadi Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga. Semerbak wangi orange blossom berpadu gemericik air mancur menjadi alasan mengapa halaman ini dinamakan Patio de los Naranjos atau Halaman Pohon Jeruk.
Mezquita de Cordoba 


0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...