DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 03 April 2013

Tahapan, Tips Dan Trik Ikut Seleksi Jabatan Mantri BRI

Rabu, 03 April 2013

Berbagai cara akan dilakukan para pencari kerja untuk mendapatkan referensi dalam mengikuti tes-tes dalam memasuki dunia kerja, mulai dari buku dengan pengarang-pengarang yang terkenal, best seller, mbah google, dan juga teman ataupun orang-orang yang dianggap telah berpengalaman melewati hal tersebut.
 
Dan begitu juga saya, banyak yang saya lakukan untuk melewati hal tersebut. untuk kali ini saya ingin membagi pengalaman saya dalam mengikuti tes mantri di BRI. 

Adapun tahapan-tahapan seleksi yang nantinya dijalani antara lain adalah:
 
1. Wawancara awal


Tes wawancara ini sesungguhnya adalah bagian dari tes psikologi yang berfungsi untuk mendalami kepribadian dan karakter seorang calon pekerja. Dalam tes ini, dapat diketahui apakah seorang calon pegawai itu profesional atau tidak. Apakah bertanggungjawab atau tidak. Apakah memiliki jiwa kepemimpinan atau tidak. Apakah menyukai bidang pekerjaan yang akan dipilih atau tidak. 

Adapun seorang pewawancara kerja biasanya akan mengajukan sejumlah pertanyaan mendasar. Diantaranya adalah mengenai gambaran anda terhadap diri anda sendiri. Lalu mengenai pengalaman anda. Dan alasan anda memilih pekerjaan ini. Selain itu juga ditanyakan motivasi sukses anda. 

Tips penting untuk menghadapi tes wawancara ini adalah jangan panik. Jangan gugup. Bersikaplah tenang dan percaya diri, namun jangan bersikap sombong. Pewawancara menyukai calon karyawan yang percaya diri namun tetap rendah hati, tidak sombong. Selain itu, jawablah setiap pertanyaan dengan jujur apa adanya. Pewawancara adalah psikolog yang berpengalaman dan mampu mendeteksi kebohongan anda dengan mudah. 

Jangan menjelekkan mantan perusahaan anda yang dulu, karena hal tersebut justeru menunjukkan sikap mental anda yang cengeng, tidak dewasa dan gemar mencari kambing hitam. Hargailah semua hal yang pernah berhubungan dengan anda. Termasuk mantan bos, mantan perusahaan, mantan rekan kerja dan hal-hal lainnya. Bagaimanapun juga anda telah belajar banyak dari perusahaan lama anda. Oleh karena itu tak perlu mempersalahkannya. Dalam menjawab pertanyaan, bersikaplah yakin dan mantap, jangan ragu-ragu. Sikap ragu-ragu sangat tidak disukai oleh perusahaan. 

Wawancara awal disini, pelamar yang lolos dalam seleksi administrasi akan dipanggil dan dilakukan wawancara oleh pimpinan dimana lamaran tersebut diajukan. Biasanya yang melakukan wawancara tersebut: 

  aPimpinan Cabang (Pinca)
Bisa disebut ne orang yang punya kantor atau orang nomor satunya di cabang tersebut. Pinca lah yang memegang tampuk pimpinannya dicabang tersebut.

  b.  AMO ( Asisten Manager Operational )
Kalau yang satu ne, bisa dibilang orang nomor dua nya di cabang. Dimana dia yang mengatur mengenai semua transaksi-transaksi yang berada di cabang dll. Semua frontliner (costumer Servis, Teller, IT) dibawah wewenang AMO. 

cAMBM ( Asisten Manager Bisnis Mikro )
AMBM orang yang berwenang dalam menangani semua unit di wilayah kantor cabang tersebut. Semua bisnis mikro yang dilaksanakan berkembang atau tidaknya tergantung strategi dia.

           2. Tes Psikotes 


Bagi teman-teman yang sering mengikuti job opening baik di perusahaan swasta dan BUMN pasti sudah tidak asing lagi dengan psikotes.Psikotes sebagai tahap awal seleksi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menguji kemampuan pelamar dan menyeleksi pelamar apakah sesuai dengan kriteria posisi yang akan diisi oleh si pelamar. Jadi dalam psikotes bukan masalah lulus atau tidak lulus tapi lebih menekankan pada kesesuaian kriteria yang dinginkan perusahaan . Hasil psikotes di analisa oleh tim psikologis perusahaan dan menyeleksinya berdasarkan posisi yang akan diisi. Sebelum melaksanakan psikotes disarankan anda untuk :
·  Mencari tempat refreshing , pergi ke tempat rekreasi yang membuat  pikiran anda fresh seperti : jalan-jalan ke pantai, mal, taman.
· ketika anda di cermin coba untuk senyum untuk menunjukkan kebahagian. supaya esok hari tidak ngantuk ketika psikotes sebaiknya tidur jam 9 malam.
·  Esok hari jangan lupa untuk sarapan , berguna untuk energi anda ketika menghadapi psikotes karena pelaksanaan pskikotes biasanya 4-5 jam, tentunya sangat menguras pikiran.

Di dalam psikotes ada beberapa bentuk-bentuk soal yang akan diuji pertama tes menggambar pohon, manusia, orang. Untuk tes ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda menggambar yaitu:
·  Arsiran yang tidak dibutuhkan jangan diarsir, jika dibutuhkan boleh diarsir.
· Jangan biarkan berulang-ulang usahakan satu goresan untuk menunjukkan anda orang yang tidak ragu-ragu.
·    Jangan terlalu telalu tebal dan terlalu tipis.
·   Posisi gambar di tengah, kalau ke kiri (introvert) ke kanan (ekstrovert).
·   Jenis kelamin gambar itu apa ?
·   Apa pekerjaan yang anda gambar ?
·   Umur cantumkan pada gambar (kekanak-kanakan, dewasa, kebapakan).

           3. Wawancara akhir


Tes ini untuk mengenal perilaku ataupun sikap calon pegawai dalam menghadapi masalah/pertanyaan yang diajukan jajaran manajemen/direksi bank. Jawablah dengan santun dan lugas setiap pertanyaan yang nantinya diajukan. Menurut saya inilah tahapan yang paling menentukan dari teman-teman yang nantinya mengikuti tes tersebut, Semua amunisi harus anda siapkan sebelum bertempur. kurang persiapan anda akan gagal dan persiapkan semuanya dengan baik. 
Pewawancara biasanya dua orang dari kantor cabang (Pinca dan AMBM) dan dua lagi dari kantor Wilayah (Biasanya kepala bagian yang berada di kanwil tersebut)
Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan antara lain:
· Perkenalan
Setiap wawancara anda pasti melewati ini. Utarakanlah semuanya mengenai diri anda dan apa yang mau anda kasih tahu mengenai anda. Baik itu jenjang pendidikan anda, keluarga anda maupun pengalaman hidup anda. Kembangkan semua potensi diri anda selama ini dan yakinkan anda pantas diberikan kesempatan untuk tes berikutnya.
·Apasih yang buat kamu mau bekerja dijabatan ini?
Berikan alasan ketertarikan anda untuk mengikuti job mantri tersebut dan pahami pekerjaan mengenai mantri tersebut.
Sedikit jawaban yang bisa saya berikan:
· Jabatan tersebut Penuh tantangan
· Ilmunya banyak dan tidak bisa diukur. karna bukan berkurang ataupun tetap tetapi selalu bertambah. Seorang marketing diharapkan lebih banyak tahu. Karna  Beda dengan bagian frontliner yang ilmunya monoton dan tetap, Karna semua yang dikerjakan harus sesuai dengan ketentuan perusahaan. Baik itu dalam penawaran produk, administrasi lainnya maupun dalam semua laporan-laporannya. Sesuai dengan kaedah-kaedah dari bank itu sendiri.
·  Banyak kenal orang baru (debitur) dan banyak tahu mengenai karakter-karakter orang nya.
·  Untuk jadi pemimpin inilah jalannya. Karna pemimpin-pemimpin yang hebat itu menurut saya adalah orang-orang dari marketing. Orang marketing tersebut tahu semuanya. Mulai dari karakter, kemampuan, maupun pembinaan terhadap nasabahnya.
·   Pertanyaan-pertanyaan mengenai pekerjaan sebelumnya
Disini anda diberi pertanyaan mengenai apa pekerjaan anda sebelum memasukkan lamaran ke perusahaan. Dari yang anda ceritakan, anda akan diberikanya pertanyaan-pertanyaan menyangkut yang anda ceritakan sebelumnya. Dalam menjawabnya anda tidak perlu khawatir, anda pasti tahu apa yang anda kerjakan sebelumnya. Tinggal anda mengatur kata-kata yang nantinya mau anda ucapkan. Tidak perlu tergesa-gesa dan pikirkan sebelum anda mau mengucapkannya. Dan perlu diingat ! Jangan menjelekkan mantan perusahaan anda yang dulu, karena hal tersebut justeru menunjukkan sikap mental anda yang cengeng, tidak dewasa dan gemar mencari kambing hitam.

 Kebanyakan pertanyaan-pertanyaan hanya seputar pekerjaan anda sebelumnya dan pekerjaaan yang akan dipilih dan juga pengembangan-pengembangan lainnya. Jawablah sesuai logika dan jangan bertele-tele Karna semua jawaban anda nantinya yang akan menentukan anda bisa menempati jabatan itu atau tidaknya.

Apabila ada pewawancara memberikan waktu anda untuk berbicara dan menyampaikan sesuatu, ambil kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Utaran keinginan anda dan ajak mereka berkomunikasi. Dan tunjukkan keinganan besar anda untuk mendapatkan jabatan itu dan tunjukkan bahwa anda berharap besar kalau anda yang dipilih mereka.

Berikan kata-kata penyemangat anda untuk bisa diingat pewawancara anda dan membedakan anda nantinya dengan pelamar lainnya. Inilah Kata pegangan saya dan anda boleh menggunakannya “ Berikan Saya Satu Kesempatan dan Saya Akan Buktikan”  

           4. Tes Kesehatan


Tes ini untuk mengetahui kesehatan calon pegawai yang terdiri dari tes darah, tes tekanan darah, tes buta warna dan tes urine. Persiapkan diri anda setidaknya sejak seminggu sebelum tes. Olahraga dan istirahat cukup.
mulailah untuk menjaga kesehatan anda. Walaupun menurut saya itu hal yang terlambat dilakukan karna tidak di mulai dari dulu-dulunya,tetapi bagi yang memang selalu menjaga kesehatannya peluang besar bagi anda untuk bisa lolos dan bisa mendapatkan jabatan tersebut. 

Bagi yang kurang menjaga kesehatanya tidak ada salahnya mulai saat itu menjaga kesehatan anda, kurangi hal yang nanti nya bisa membuat kesehatan anda terganggu. Perbanyaklah istirahat dan diwajibkan anda puasa mulai dari jam 22:00 malamnya sampai anda dilakukan tes kesehatan besoknya.

Demikian yang bisa saya bagi untuk teman-teman seperjuangan, semoga sukses dengan semua tujuan dan keinginan yang dicapai.

Tepat tanggal 25 maret 2013 saya tanda tangan kontrak di BRI dengan jabatan baru saya sebagai Mantri di BRI Cab. Taluk Kuantan yang sebelumnya di frontliner.

Teman-teman seperjuangan:
                 Roky s
                 Pajriono
                 Heri Andrice Saputra
                 Arif

Sukses buat kita semua dan semoga kedepannya bisa makin sukses berkarirnya di posisi mantrinya, saling menjaga dan saling mengingatkan itu kuncinya.

Aku sangat berharap semua kita yang terpilih, Buat teman ku yang belum diberikan kesempatan, aku berharap masih ada jalan yang lebih baik untuk mu kawan. Tidak akan sia-sia allah swt dalam memberikan sesuatu kepada kita. Selalu berpikir positif dan belum tentu kalau diberikan juga ini yang terbaik buat mu teman dan begitu juga sebaliknya kami. Aku yakin allah swt pasti berikan yang terbaik untuk mu. Selalu berusaha dan jangan putus asa kawan.

9 comments:

Rocky mengatakan...

Luar biasa..
Sukses buat kita semua.

Anonim mengatakan...

Super sekali,...

adri ella mengatakan...

nice blog gan
thanks infonya

Anonim mengatakan...

Bener bener bermanfaat
Makasih info nya ya

Chandra Widodo mengatakan...

Sanangat bermanfaat sekali..terima kasih kak :D

Agustina Lucky mengatakan...

Kumpulan Gambar Vagina Perawan dan Yang Sudah Tidak Perawan


Foto Mesra Payudara Bugil dan Telanjang Bella Shofie Terbaru


Gambar Bugil Wanita Asia Cantik Dan Mulus Sexy


Dian indri, seorang istri berjilbab dari lereng lawu


Kumpulan Foto Tante Girang Hot sedang Tidur Telanjang Tanpa Busana yuk..!!


199 Foto Bugil Gadis Arab Pamer Memek Berbulu Lebat


Foto Hot Susu Tante Janda Kembang Cantik Dan Seksi


Ayumi Pose Telanjang Sambil Mandi Dikolam Renang


Foto Payudara atau Toket Gede Cewek Jepang


Download Kumpulan Foto Cewek Jilbab Nungging


Foto Bugil Tante Girang Lagi Di entot dan di jilat memeknya


Inilah foto hot ngetot memek mulus gadis pangilan


Mulus Basah Memek mulus Cewek Bugil Foto Memek


Kumpulan Foto Memek dan Vagina Gadis Perawan Hot


Koleksi Foto Pramugari Seksi Pamer Payudara Montok


Pose Panas Gadis-Gadis Cantik pamer Payudara Besar


Gambar Foto Julia Perez Bugil Kelihatan Payudara Besar


Foto Bugil ABG Terseksi dan Tercantik Tanpa Sensor


Gadis Perawan Nakal Ngentot Gaya Baru Ngangkang


Kummpulan Foto Bugil Hot Artis Wanita dari Negara Arab


ABG Bugil Dan Gadis Bispak Jago Ngentot With Toket Gede


Video bokep tante girang artis indonesia foto bugil memek


Bispak Montok Telanjang dikamar Hotel Memek Basah


Lina Pamer Memek Mulus Ayam Kampus Kota Depok

abdillah hermeidi mengatakan...

kalau di taluk kuantan nasabah yg menjadi debitur biasanya usaha apa aja gan?

abdillah hermeidi mengatakan...

kebetulan awak urang toluak bg, dan senin ko kan tes wawancara kanwil di BRI pku ma, tpi utk tugas di toluak.

Dita Ngekk mengatakan...

Kalau aku kemarin tgl 27 november 2016 udah nympek tes kesehatan tapi sampai skrg gak ada panggilan...tes jg.03 mantri..

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...