DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Senin, 01 Desember 2014

Kebaikan-Kebaikan yang Hanya Akan Kita Dapatkan Saat Sedang Sendirian

Senin, 01 Desember 2014
Kamu mungkin pernah mengurungkan niat untuk melakukan sesuatu karena malas melakukannya sendirian. Kamu takut kesepian, atau kelihatan tidak punya teman. Padahal, sebenarnya kamu tak perlu merasa begitu.

Sendirian untuk sementara waktu justru bisa sangat membantumu. Dalam artikel ini, Kita akan membahas apa saja yang bisa kamu dapatkan hanya ketika sendirian. Semoga tak ada lagi yang perlu kamu takutkan!

1. Sendirian membuatmu ingat bahwa kamulah yang memegang kontrol atas hidupmu


 Tidak ada dari kita yang bisa hidup tanpa orang lain. Tapi justru karena itu, kita butu h menarik diri dari pergaulan sosial sekali-sekali. Ketika sendirian, kamu memegang kendali penuh atas hidupmu. Orang lain tak akan mampu mengatur hidupmu. Dengan sesekali menyendiri, kamu akan dapat beristirahat dan menghela napas. Pikiranmu bisa bersih dari kegalauan atau pencapaian orang lain yang selama ini merasuki kehidupanmu. Kamu bisa fokus pada diri sendiri, dan diingatkan bahwa hidup bukanlah kompetisi. Sempatkanlah waktu sejenak untuk tidak berpikir mengejar ketertinggalanmu dari orang lain. Gunakanlah ini untuk beristirahat, menenangkan diri, dan menemukan kembali kekuatan dalam dirimu. Ketika kamu kembali terjun ke dunia “yang sebenarnya”, kamu akan mampu beraksi dengan baterai yang penuh. 

2. Ketika kamu sendiri, kamu bisa tahu siapa dirimu yang sebenarnya Hanya kamu dan dunia. 


Jangan takut untuk mengasingkan diri dari orang lain dan pengaruh luar untuk sementara waktu. Justru hanya dengan itu, kamu bisa menciptakan sudut pandangmu sendiri. Dengan menemukan sudut pandangmu, kamu akan tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan, atau apakah memang yang kamu khawatirkan itu benar. Tak ada kepentingan atau permintaan orang lain yang mengganggu pikiranmu. Hanya dengan begitu, kamu bisa melihat sifat dirimu yang biasanya tertutupi ketika kamu bersama orang lain. 

 3. Dengan fokus yang tak terpecah, menyusun rencana jadi lebih mudah 


Berada di ruang yang sunyi dan tanpa distraksi bisa membantumu mempertahankan fokus. Karena kamu sendirian, fokus ini pun hanya tertuju pada dirimu. Kamu bisa lebih berpikir jernih tentang rencana-rencana dan prioritas pribadimu. Apa sebenarnya yang ingin kamu capai dalam waktu satu, lima, dan sepuluh tahun? Agar harapan itu benar-benar terwujud, strategi apa yang harus kamu susun? Selanjutnya, sesuaikan rencana yang sudah kamu buat itu dengan kepentingan-kepentingan orang lain di sekitarmu. Jika targetmu dalam dua tahun adalah mengambil gelar Master di luar negeri, kamu harus memikirkan siapa yang akan menjaga orang tuamu selagi kamu pergi. Dengan begitu, rencanamu tidak hanya akan menjadi terbaik bagimu, namun juga orang-orang yang penting bagimu. 

4. Hanya dengan sendirian, kamu bisa melatih kemandirian 


Kamu yang anak kost atau yang sudah lama tinggal terpisah dengan orang tua mungkin paling mengerti hal ini. Ketika kamu masih berada satu atap dengan ayah dan ibu, kamu tak perlu melakukan segalanya sendiri. Ketika kamu lapar, ada ibu yang akan memasak untukmu. Kalau lampu kamar mandi rusak atau genteng bocor, ada ayah yang bisa membetulkannya. Tentu berbeda kasusnya ketika kamu sudah tinggal sendiri. Kamu lapar? Kamu harus keluar, karena makanan tidak akan datang sendiri ke kamarmu. Kamu mau pakaian bersih? Ya cuci baju, jemur, dan setrika sendiri. Kamu tidak bisa mengandalkan orang lain untuk hal-hal ini. Kesendirian akan melatihmu untuk menghadapi segala hal dengan kemampuan dan pertimbanganmu sendiri. Hanya dengan sendiri, kamu bisa jadi lebih mandiri. 

5. Dengan bersenang-senang sendiri, kamu akan mengerti: tidak perlu orang lain untuk bahagia 


Kamu bisa bernyanyi-nyanyi di kamar sendirian, mengikuti irama lagu favoritmu. Kamu bisa menari dan meloncat di kasur tanpa ada yang peduli. Kamu bisa menonton serial TV favoritmu, atau berjalan-jalan ke mall. Ada begitu banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan sendirian. Barulah setelah ini kamu sadar bahwa kamu tak perlu orang lain untuk menghasilkan momen-momen yang ceria. Dirimu saja cukup untuk membuatmu bahagia. 

6. Yang paling penting, sekali-kali sendiri akan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang lain 


Dengan sesekali menyendiri, kamu jadi bisa lebih menghargai hubunganmu dengan orang lain selama ini. Kamu bisa merasakan bagaimana rasanya hidup tanpa mereka. Jika terlalu lama menjalani waktu tanpa tawa, canda, dan suara mereka, kamu bisa merasa hampa. Ketika kamu kembali ke dunia sosialmu lagi, kamu akan menjadi manusia yang berbeda. Kamu bisa menghargai pentingnya eksistensi mereka yang mengelilingimu sehari-hari. Kesadaran ini tentu sulit didapatkan ketika kamu tak pernah menghabiskan waktu sendirian. Karena begitu terbiasanya dengan orang-orang yang ada di sekitar, kamu menganggap eksistensi mereka tak istimewa. Kamu tak akan menyadari betapa mereka begitu berharga. Maka, sempatkanlah untuk menyendiri di antara waktu-waktu sibukmu. Ini akan berguna tak hanya bagi dirimu, namun juga bagi orang-orang yang kamu kasihi. 



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...