DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 07 Maret 2012

Kalung Liz Taylor Terjual Dengan Harga Rp. 99 Miliar

Rabu, 07 Maret 2012
Koleksi permata mendiang aktris Dame Elizabeth Taylor dilelang di rumah lelang Christie's, New York.

Lelang koleksi Elizabeth Taylor diadakan selama empat hari dan diperkirakan bisa mengumpulkan lebih dari US$30 juta atau sekitar Rp272 miliar.


blog-apa-aja.blogspot.com
Kalung dengan hiasan mutiara sempat digunakan oleh kalangan bangsawan Eropa.

Sebelum acara lelang dimulai, Marc Porter, presiden Christie's untuk kawasan Amerika mengatakan, "Selama kurun waktu lebih dari 50 tahun, ini adalah koleksi yang sangat pribadi, setiap jahitan mencerminkan selera mode Elizabeth Taylor dan perkembangan gayanya yang khas".

Koleksi pertama yang dilelang, gelang emas dan permata, ditaksir bernilai US$35.000 dan laku US$270.000.

Perhiasan lain yang dilelang adalah kalung dengan hiasan mutiara dari abad ke-16 yang sempat digunakan oleh kalangan bangsawan Eropa dan kalung tersebut terjual sebesar US$11 juta atau sekitar Rp99 miliar, harga tertinggi sepanjang masa.

Mutiara dengan sebutan La Peregrina itu telah mewarnai berbagai karya seni selama berabad-abad dan pernah dituangkan dalam lukisan oleh pelukis Spanyol abad ke-17 Velasquez.

Semula nilai jual kalung diperkirakan US$3 juta tetapi dalam proses lelang nilai jualnya terus bertambah. Wartawan BBC Laura Trevelyan yang meliput lelang di New York ini melaporkan tepuk tangan bergema setelah harga tawar melampaui US$10 juta.

Seorang pembeli membayar US$600.000 untuk sebuah cincin yang terbuat dari berlian dan batu safir. Cincin tersebut merupakan hadiah dari teman dekat Liz Taylor, mendiang bintang pop Amerika Michael Jackson.

Sejumlah barang koleksi Liz Taylor yang masih akan dilelang adalah cincin berlian 33,19 karat yang diberikan oleh suami kelima Taylor, Richard Burton pada 1968. Cincin berlian diperkirakan bisa laku sampai U$3,5 juta.

Christie's juga akan melelang dua cincin kawin Taylor yang diberikan oleh aktor ternama pada tahun 1964 dan 1975. Selain itu ada pula cincin berlian dan batu rubi sebagai hadiah dari Richard Burton yang ditempatkan di dalam kaos Natal.

Liz Taylor diketahui menyukai berlian dan memiliki sejumlah koleksi termahal di dunia.
Taylor membintangi berbagai film antara lain National Velvet, Cleopatra, dan Who's Afraid of Virginia Woolf? Ia meninggal dunia di Los Angeles Maret 2011 pada usia 79 tahun.
 

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...