DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Rabu, 12 Oktober 2011

Trik Agar CD-R Dapat Digunakan Berulang Kali

Rabu, 12 Oktober 2011
Sebelum diluncurkannya flashdisk, CD alias Compact Disc merupakan media penyimpanan yang paling banyak penggemarnya digunakan, terutama jika dibandingkan dengan disket. Hal ini dikarenakan CD memiliki beberapa kelebihan dibandingkan disket, diantaranya adalah ukuran atau kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar yaitu antara 600 MB - 700 MB, selain itu CD juga tidak mudah rusak. Ada dua jenis dari CD, yaitu CD-R (CD Recordable) yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan data tidak dapat dihapus/edit dan CD-RW (CD Rewriteble) yang dapat dipergunakan untuk menyimpan dan juga dapat menghapus file yang telah disimpan kemudian untuk menyimpan file/data lagi sehingga CD-RW ini bisa dipergunakan berkali-kali seperti layaknya flashdisk.

Berbeda dengan CD-RW yang bisa kita gunakan berulang-ulang, CD-R hanya dapat dipergunakan sekali saja. Sehingga kalau kita hanya memasukkan data berukuran kecil, maka CD tersebut sudah tidak bisa dipergunakan untuk menyimpan data lagi (mubazir kan jadinya??). Tapi sebenarnya ada software burning yang menyediakan fasilitas agar kita dapat memasukan data berulang kali ke CD-R, misalnya Nero.

Berikut triknya agar kita dapat memasukkan data berulang kali ke CD-R :

1. Seperti biasa buka dulu program Nero
2. Pilih Data kemudian klik Make Data CD

3. Masukkan data atau file yang akan burning ke CD dengan klik tombol Add dan jika sudah semua klik Next
4. Pada jendela Final Burn Settings aktifkan atau beri tanda ceklis pada pilihan Allow files to be added later (Multisession disc). Dengan mengaktifkan fitur ini maka CD R kalian akan bisa digunakan untuk menyimpan data lain di waktu yang lain pula.

5. Klik Burn

Dengan demikian jika masih ada sisa kapasitas pada CD-R, maka kita bisa menambahkan data atau file ke CD-R tersebut, jadi bisa lebih irit mengingat harga CDR sangat jauh lebih murah ketimbang CD-RW.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...