DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Senin, 17 Oktober 2011

Tips Menghadapi Psikotes Beserta Contoh Soalnya.

Senin, 17 Oktober 2011
  




   Setiap perusahaan selalu menginginkan untuk memperoleh calon-calon tenaga kerja yang handal, kompeten dan berkualitas. untuk itu setiap perusahaan pasti akan selalu mengadakan seleksi calon karyawan. kegiatan seleksi sendiri mencakup banyak hal dari mulai tes kesehatan,tes wawancara, seleksi administratif, sampai dengan melihat referensi calon pegawai.
  Salah satu kegiatan dalam proses seleksi pekerjaan adalah Psikotes. Kenyataannya Psikotes ini adalah merupakan hal yang menakutkan  bagi banyak calon karyawan. psikotes dianggap sebagai makluk yang mengancam, yang menentukan kesuksesan dan kegagalan calon karyawan, bahkan telah dianggap sebagai penentu masa depan calon karyawan.betapa menakutkan keadaan ini, sampai-sampai psikoteslah yang menentukan nasip hidup dan matinya, gagal dan suksesnya masa depan calon karyawan.untuk itulah setiap calon karyawan perlu memahami apa itu psikotes atau tes psikologi.

Ada beberapa prinsip yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi psikotest ini. Pertama-tama tentu kita harus tahu jenis-jenis psikotest itu.

1. Tes IQ: biasanya contoh soal-soal ini dapat mudah didapatkan di toko buku. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya tes verbal dan non verbal. Angka dan bahasa merupakan bagian dari tes ini. Jika Anda senang dengan teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda beruntung bisa lulus. Namun tes IQ memang dibuat standar agar bisa dilakukan setiap orang.

2. Tes Kepribadian. Di dalam tes ini Anda akan dihadapkan kepada serangkaian pertanyaan mengenai berbagai dilema dalam pekerjaan, seperti bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama dan bagaimana solusi jika menghadapi suatu dilema. Dari sini dapat dikaji, seberapa jauh kemampuan Anda bekerja dalam tim dan apakah Anda termasuk orang yang “hangat” dalam pergaulan dan tidak “kaku”.

3. Tes Kemampuan. Anda akan diuji serangkaian tugas di bawah tekanan tinggi, apakah Anda masih bisa melakukannya. Biasanya tes kemampuan ini mengkondisikan Anda dalam suasana penuh tekanan tetapi harus menyelesaikan soal dengan cepat. Bisa bentuknya angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi.

4. Tes Kreatifitas. Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes Anda diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi yang baik semaksimal mungkin. Satu lagi tes final biasanya Anda diminta menggambar. Saya sarankan gambarlah orang yang sedang aktif bertindak, misalnya sedang lari sehingga terlihat aktif. Kata psikolog, orang yang seperti itu termasuk dinamis dan kreatif. Itu pendapat psikolog.

Untuk lebih jelas silahkan para pembaca yang budiman lansung download contoh soal-soal psikotes dibawah ini:

  1. Panduan Psikotest dan Test Gambar
  2. Tes Kepribadian Dan IQ
  3. Test Aritmetik
  4. Test Logika
  5. Test Antonim Lawan Kata
  6. Test Menggambar 




0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...