DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESI KE 71 TH. JAYA SELALU !!!

Selasa, 27 September 2011

TIPS: Ajarkan Anak Hidup Teratur..Boleh Dibaca Nih Gan

Selasa, 27 September 2011
 
Pusing melihat ulah si kecil yang sering berperilaku impulsif dan kurang terorganisasi? Tak ada salahnya mendorong putra-putri Anda belajar hidup lebih teratur sejak usia dini.
Kuncinya adalah kemauan kuat dan bersabar. Setelah itu, ikuti sejumlah tips berikut ini:
 
Waktu belajar
Tetapkan waktu bagi si kecil untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) setiap hari. Berikan jeda selama beberapa menit di antara waktu belajar dan mengerjakan PR, agar ia tidak merasa bosan. Pastikan Anda mengetahui PR mana yang harus dikumpulkan lebih dulu, agar bisa membantu anak menentukan prioritas.
 
Susun daftar
Dorong si kecil agar terbiasa menulis daftar, baik untuk PR, pekerjaan rumah tangga, hal-hal yang harus dilakukan, sampai benda-benda yang harus dibawa ke sekolah. Belikan ia sebuah buku catatan kecil yang mudah diselipkan ke dalam saku dan dibawa ke mana-mana.
 
Bikin rencana
Setiap malam, bikin rencana untuk keesokan harinya dan diskusikan rencana itu dengan anak sebelum ia pergi tidur. Bantu si kecil menyiapkan seragam sekolahnya, dan pastikan ia sudah memasukkan semua buku dan barang keperluan lain ke dalam tas untuk dibawa ke sekolah. Tindakan ini berguna untuk menghindari kekacauan yang mungkin timbul di pagi hari.
 
Area belajar
Ciptakan sebuah posisi di ruangan sebagai tempat anak belajar dan mengerjakan PR. Tak harus di dalam kamar tidurnya, bisa di sudut mana saja di rumah yang cukup tenang untuk kegiatan belajar. Sediakan meja dan kursi guna mendukung aktivitasnya.
 
Tempat penyimpanan
Sediakan sejumlah keranjang, krat plastik, atau kotak sepatu sebagai tempat si kecil menyimpan mainan dan benda-benda kepunyaannya. Gantung kaitan plastik di balik pintu kamar tidurnya untuk menggantung pakaian, agar tidak berserakan di seluruh penjuru kamar.
 
Kebiasaan rutin
Usahakan memiliki jam makan yang tetap setiap hari. Hal yang sama berlaku pula untuk waktu tidur dan bangun di pagi hari. Rutinitas tetap seperti ini membuat anak merasa aman, karena mengetahui hal yang sama akan terjadi setiap hari.

Dukungan dan penghargaan
Dorong si kecil melakukan kebiasaan baik dengan membiarkan anak membantu Anda mengerjakan tugas-tugas rumah tangga. Jangan lupa untuk selalu menunjukkan penghargaan kepada mereka, setiap kali selesai mengerjakan pekerjaannya dengan baik.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...